Informasi Tentang Segala Hal Yang Ada Disekitar Kita.

Dampak Buruk Langsung Tidur Setelah Makan Sahur Dan Solusi

Leni Fauziah

Dampak Buruk Langsung Tidur Setelah Makan Sahur - Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah kita masih bisa berjumpa lagi dengan bulan ramadhan yaitu bulan yang penuh berkah. Ya dibulan ramadhan ini kita akan akan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, tidak hanya itu saja, umat muslim juga dijanjikan akan pahala yang berlipat ganda di bulan suci ini.

Berbicara tentang puasa ramadhan tentu kita tidak bisa lepas dari aktivitas puasa seperti makan sahur dan berbuka. Ya keduanya tak bisa dilepaskan dari ibadah puasa. Berbicara tentang sahur, bagi sebagian besar orang sahur merupakan aktivitas yang cukup, kenapa cukup berat? karena sahur dilakukan di 3/4 malam atau ketika jam 3 pagi, waktu yang pulas-pulasnya tidur, sehingga banyak orang yang makan sahur ala kadarnya dan kemudian tidur kembali.

Nah yang jadi pertanyaan, apakah bahaya jika kita makan sahur kemudian langsung tidur kembali? Jawabannya tentu hal itu berbahaya. Namun anda tak perlu khawatir, kami akan memberikan solusinya. Berikut dampak buruk langsung tidur setelah makan sahur dan solusinya.
Dampak Buruk Langsung Tidur Setelah Makan Sahur Dan Solusi
Dampak Buruk Langsung Tidur Setelah Makan Sahur Dan Solusi

1. Refluks asam lambung

Dampak buruk lansung tidur setelah makan sayur yaitu refluks asam lambung. Ini merupakan makanan yang terbalik, maksutnya makanan yang masuk keperut menjadi tebali, yang seharunya masuk ke dalam lambung justru malam kembali menuju kerongkongan. Akibatnya kerongkongan menjadi panas dan mulut terasa pahit. Tentu hal ini akan membuat tak nyaman sekali, setelah makan sahur sudah mengalami hal seperti ini, padahal waktu berbuka masih sangat lama. 

2. Rasa panas di dada

Saat kita sedang tidur, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras dari biasanya. Jika kita langsung tidur setelah makan sahur, kita akan rentan mengalami penyakit maag akibat dari meningkatnya asam lambung. Naiknya asam lambung inilah yang kemudian membuat dada kita terasa panas.

3. Menyebabkan berut buncit dan naiknya berat badan

Sudah bukan rahasia lagi jika setelah makan langsung tidur menyebabkan perut buncit dan berat badan naik derastis. Begitu juga tidur setelah makan sahur, hal ini dikarenakan makanan yang kita makan tak langsung bisa dicerna oleh sistem pencernaan. Akibatnya makanan tersebut akan menjadi lemak yang tertimbun didalam perut yang mengakibatkan perut buncit dan naiknya berat badan.

4. Resiko stroke

Penelitian menyebutkan jika orang yang langsung tidur setelah makan akan meningkatkan resiko stroke, hal ini juga berlaku pada langsung tidur setelah makan sahur. Oleh sebab itu baiknya kita jangan langsung tidur setelah makan, berilah jeda beberapa waktu.

Solusinya

Solusi terbaik untuk menghindari dampak buruk dari langsung tidur setelah makan sahur yaitu dengan cara memberi jeda beberapa waktu setelah makan sahur. Usahakan untuk tidur setelah 2 jam dari makan sahur. Untuk menghilangkan rasa ngantuk anda, cobalah anda basuh muka anda dengan air wudhu, kemudian lakukan solat malam, berzikir dan membaca Al-Qur'an sambil menunggu waktu subuh, dan tidur kembali setelah solat subuh.

Demikianlah informasi tentang Dampak Buruk Langsung Tidur Setelah Makan Sahur Dan Solusi. Semoga informasi diatas bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. Terimakasih.