Recent Comments

Tips Agar Tetap Segar Dan Semangat Meski Sedang Berpuasa

Tips Agar Tetap Segar Dan Semangat Meski Sedang Berpuasa - Ada kenyataan yang mungkin tidak bisa terbantah yaitu mereka yang menjalani ibadah puasa sebulan penuh malah justru mengalami masalah yang lazim, mereka suka makan yang berlebihan dikala sahur dan berbuka puasa, sehingga berat badan semakin bertambah.

Walaupun disiang hari kondisi perut kosong, kemudian berjejal dimalam hari sebagai bentuk balas dendam, belum lagi minimnya aktifitas dibulan puasa bisa memperparah keadaan tersebut. Efek lain kebugaran bisa semakin menurun.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa tips agar tetap segar dan semangat meski sedang berpuasa. Anda pasti penasaran bukan bagaimana saja isinya ? Untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa bermanfaat.Berikut Tips agar tetap sehat dan semangat meski sedang berpuasa.

Tips Agar Tetap Segar Dan Semangat Meski Sedang Berpuasa
Tips Agar Tetap Segar Dan Semangat Meski Sedang Berpuasa

1. Konsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa

Konsumsilah makan makanan yang bergizi meskipun itu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi yang lengkap, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Ketika berpuasa, bahan makanan penghasil energi utama relatif tidak sebanyak pada hari-hari biasa.

2. Hindari makanan manis, asin dan junk food

Ketika makan sahur, sebaiknya hindari makanan yang manis atau asin yang terlalu banyak mengandung gula dan garam, karena asupan makanan yang banyak mengandung zat tersebut bisa menyebabkan tubuh cepat lemas dan dehidrasi pada siang hari saat berpuasa.

3. Perbanyak konsumsi makanan yang berserat.

Agar anda kuat dalam menahan lapar disaat berpuasa, maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Tubuh kita akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandungs serat.

4. Perbanyak minum air putih dimalam hari

Meminum air putih adalah cara yang tepat untuk mencegah dehidrasi tubuh pada malam hari, hal ini sangat penting dilakukan mengingat disiang hari kita banyak melakukan aktifitas yang cenderung banyak mengeluarkan keringat.

5. Melakukan olah raga ringan

Olah raga ringan seperti berjalan kaki disaat puasa sangat disarankan, selain bisa membantu menjaga berat badan, olah raga juga bisa membantu memperlancar peredaran darah serta menjaga kebugaran tubuh anda disaat berpuasa.

6. Hindari langsung minum minuman dingin saat berbuka

Disaat berbuka puasa, sebaiknya anda jangan langsung meminum minuman yang dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan menggunakan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung jika langsung diisi dengan air yang dingin, karena asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak.

7. Berbuka secara bertahap dan tidak terburu-buru

Ketika sudah tiba saatnya berbuka, sebaiknya berbukalah dengan pelan-pelan dan jangan terburu-buru agar lambung tidak kaget, sehingga lambung tidak bekerja terlalu berat karena lambung membutuhka ruang kosong untuk mencerna makanan. Untuk meringankan pencernaan, kunyahlah makanan dengan dengan selembut mungkin.

Demikianlah informasi tentang Tips Agar Tetap Segar Dan Semangat Meski Sedang Berpuasa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef