Informasi Tentang Segala Hal Yang Ada Disekitar Kita.

Dampak Buruk Sering Mengkonsumsi gula

citra indah

Dampak Buruk Sering Mengkonsumsi gula- Banyak orang yang sudah mengetahuinya jika keseringan mengkonsumsi gula pasir bisa berdampak tidak baik buat tubuh. Gula bisa menyebabkan penyakit yang serius jika dikonsumsi secara sering dan kebanyakan. Bahkan panyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh gula ini kebanyakan dalam kategori penyakit berat dan sulit untuk diatasi.

Makanan dan minuman zaman sekarang umumnya banyak mengandung zat gulanya, sehingga banyak orang yang mengkonsumsinya. Banyak dari mereka yang kurang bisa membatasi dalam pemakaian gula. Sehingga hal tersebut terkadang bisa menimbulkan masalah dikemudian hari.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang kesehatan mengenai beberapa dampak buruk sering mengkonsumsi gula. Agar anda tidak penasaran bagaimana isinya, langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini. Semoga bisa menambah wawasan anda. Berikut Dampak buruk sering mengkonsumsi gula.
Dampak Buruk Sering Mengkonsumsi gula
Dampak Buruk Sering Mengkonsumsi gula

1. Gampang bad mood

Beberapa peneliti ada yang mengaitkan antara konsumsi gula dengan resiko terkena depresi, konsumsi gula yang terlalu banyak bisa meningkatkan kadar inflamasi dalam tubuh yang kemudian bisa meningkatkan resiko terkena depresi. So, jika akhir-akhir anda merasa bad mood, sering cemas ataupun setres, coba anda cek makanan yang telah anda konsumsi.

2. Gampang lelah

Jika disiang hari anda sering merasakan letih dan lelah, coba ingatlah kembali sarapan yang tadi pagi anda konsumsi, bisa jadi makanan yang telah anda konsumsi tadi pagi terlalu banyak mengandung gula, sehingga bisa membuat anda mudah letih disiang harinya.

3. Gigi berlubang

Bukan hanya permen yang bisa menyebabkan gigi berlubang, makanan karbohidratpun bisa menyebabkan gigi berlubang. Karena disaat kita mengkonsumsi karbohidrat, sejenis asam bisa terbentuk dan bercampur dengan air liur yang menyebabkan plak pada gigi. Jika plak ini tidak segera disikat maka bisa berakibat gigi berlubang.

4. Tekanan darah meningkat

Terlalu banyak konsumsi gula bisa memicu tekanan darah semakin meningkat. Dalam sebuah penelitian tahun 2004 yang diterbikan pada jurnal BMJ, para pakar medis berpendapat jika membatasi konsumsi gula itu lebih penting daripada mengurangi sodium jika anda ingin mendapatkan tekanan darah anda normal.

5. Kolesterol naik

Meningkatnya kadar berbagai jenis lemak yang mengalir pada darah merupakan suatu tanda jika terlalu kebanyakan mengkonsumsi gula. Kebanyakan konsumsi gula juga bisa meningatkan kolesterol jahat serta menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

6. Merasakan lelah luar biasa saat baru olah raga sebentar

Jika mudah terlihat capek ketika baru berolah raga, bisa jadi karena anda terlalu banyak dalam mengkonsumi gula, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi manis-manis sebelum berolah raga, anda mungkin akan merasakan capek yang luar biasa ketika selesei berolah raga.

7. Gampang jerawatan

Diantara dampak buruknya lagi dari kebanyakan konsumsi gula yaitu bisa memicu timbulnya jerawat. Menurut sebuah penelitian dari Journal of the Academy of Nutrition anda Dietetics mengatakan bahwa jerawat yang muncul karena seringnya mengkonsumsi gula bisa lebih parah dari umumnya daripada orang yang sedikit dalam mengkonsumsi gula.

8. Selalu saja merasa lapar

Kenapa cake dan permen selalu membuat ketagihan ? Sebab selain rasanya yang manis, makanan jenis ini tidak bisa membuat kenyang. Makanan ini tinggi akan kadar gulanya namun rendah kandungan protein, serat serta gizi lainnya.

Demikianlah informasi tentang Dampak Buruk Sering Mengkonsumsi gula. Gula memang dibutuhkan tubuh untuk menambah energi, namun kelebihan gula juga dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.