Tips Membuat Puasa Menjadi Menyehatkan

Tips Membuat Puasa Menjadi Menyehatkan - Setiap orang Islam yang sudah baligh dan berakal dituntut untuk melaksakan ibadah puasa dibulan Ramadhan. Yaitu dengan menjauhi makanan dan minuman serta perkara-perkara yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan syarat dan rukun tertentu.

Selama bulan Ramadhan kebiasaan makan setiap muslim berubah secara drastis, waktu makan berubah menjadi dua kali, yaitu waktu sahur dan waktu berbuka. Puasa bisa menjadi sarana dalam menjaga kesehatan tubuh kita, asal kita bisa mengetahui beberapa akfitas yang perlu kita terapkan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa tips membuat puasa menjadi menyehatkan. Anda pasti penasaran bukan bagaimana isinya ? Untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami ini, semoga bisa memberikan manfaat buat anda. Berikut Tips membuat puasa menjadi menyehatkan.
Tips Membuat Puasa Menjadi Menyehatkan
Tips Membuat Puasa Menjadi Menyehatkan

1. Makan sahur

Makan sahur merupakan aktifitas penting dalam menjalankan ibadah puasa, walaupun bukan menjadi syarat sahnya puasa namun dalam makan sahur banyak terkandung manfaat yang sangat besar. Selain bisa menambah keutamaan dalam berpuasa, makan saat juga bisa menjaga fisik saat berpuasa.

2. Atur waktu tidur

Diantara penyakit masyarakat selama bulan puasa yaitu waktu tidur yang tidak teratur alias kacau. Padahal selama berpuasa waktu tidur juga perlu dijaga dan teratur, termasuk dimalam hari.

3. Jaga kebutuhan cairan

Kita jangan sampai kekurangan cairan, walaupun dalam bulan puasa sekalipun. Asupan cairan ketika bulan puasa bisa ditingkatkan pada saat berbuka puasa, saat beraktifitas malam, atau selama waktu sahur.

4. Jangan batasi aktifitas

Daripada membayangkan makanan disaat berpuasa, mungkin tidur bisa menjadi solusi yang baik, namun jika ada aktifitas yang produktif maka kerjakanlah, karena sebenarnya jika kita terlalu memanjakan tubuh disaat berpuasa bisa berdampak tubuh menjadi lemas dan semangat produktifitas menurun.

5. Olah raga sore

Bagaimana pun juga aktifitas fisik seperti olah raga adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk saat berpuasa. Namun pilihlah waktu disore hari agar kadar gula darah yang turun bisa segera diganti saat berbuka puasa.

6. Tidak buka berlebihan

Puasa sebenarnya bisa menyehatkan, namun terkadang ada juga yang malah kolesterolnya semakin tinggi serta gula darah semakin naik. Penyebab utamanya biasanya karena berlebihan ketika berbuka puasa.

7. Makan buah dan sayur

Bulan puasa merupakan waktu yang tepat untuk memulai membiasakan pola makan yang sehat. Walaupun bulan puasa, kecukupan konsumsi buah dan sayur juga harus tetap dijaga. Selain itu juga perlu makan makanan yang berserat untuk menghindari kebanyakan makan saat berbuka.

8. Menjaga semangat dan ikhlas

Selain kesehatan secara fisik, kesehatan jiwa serta fikiran juga akan kita dapatkan selama kita melakukan ibadah puasa dengan penuh semangat serta ikhlas. Semua itu perlu dijalani dengan penuh kesabaran yang kuat.

Demikianlah informasi tentang Tips Membuat Puasa Menjadi Menyehatkan. Lakukan tips tersebut agar puasa anda menyehatkan da anda tetap semangat dalam beraktifitas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef