6 Tips Bebas Boros Saat Ramadhan

Tips Bebas Boros Saat Ramadhan. Momen bulan Ramadhan sering dimanfaatkan oleh para produsen untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin. Caranya pun sangat beragam, mulai beli satu gratis satu lagi sampai diskon secara besar-besaran.

Boleh-boleh saja anda membeli barang-barang yang mereka tawarkan, namun yang perlu diperhatikan anda jangan sampai terjebak hingga kalap untuk membeli barang-barang yang sebenarnya kurang anda butuhkan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa tips agar anda terbebas dari boros saat Ramadhan. Agar pembahasan dari kami tidak terlalu panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa bermanfaat. Berikut 6 Tips bebas boros saat ramadhan.
6 Tips Bebas Boros Saat Ramadhan
Tips Bebas Boros Saat Ramadhan

1. Buat anggaran

Langkah pertama agar tidak boros di bulan Ramadhan yaitu dengan membuat anggaran belanja, anggaran tersebut dibuat secara khusus, sebab pengeluaran ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Beberapa pengeluaran yang hanya muncul dibulan Ramadhan yaitu seperti pengeluaran untuk santapan lebaran, baju baru, zakat serta sumbangan-sumbangan keluarga dan pengeluaran disaat mudik ke kampung halaman.

2. Buka puasa di rumah

Buka puasa di rumah akan menjadi lebih sehat serta lebih hemat, anda tidak perlu tergoda untuk buka di luar rumah. Sesekali buka puasa bersama rekan-rekan di rumah makan juga tidak ada salahnya. Namun akan lebih baik jika anda berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Selain lebih menyehatkan juga lebih hemat.

3. Jangan tergoda dengan diskon

Di beberapa pusat perbelanjaan pada bulan Ramadhan biasanya diisi dengan pesta diskon besar-besaran, namun anda jangan mudah tergoda untuk membeli hanya karena diskon. Belilah barang bukan karena diskon namun karena kebutuhan.

4. Buat prinsip pengeluaran

Jika dana THR dan tabungan lebaran tidak mencukupi dalam daftar anggaran pengeluaran. Sebagai ibu rumah tangga harus bisa menganalisis prioritas pengeluaran, anda harus bisa memilih-milih pengeluaran yang perlu untuk didahulukan dan pengeluaran yang bisa ditunda.

5. Lakukan pemisahan dana

Setelah anggaran bulan Ramadhan disusun, anda disarankan untuk memisahkan dana sesuai alokasi anggaran. Pemisahan dana tersebut bisa dilakukan baik dengan menggunakan metode amplop, pemisahan rekening atau penggunaan uang elektronik secara terpisah.

6. Decluttering

Melakukan aktifitas bersih-bersih rumah bisa membuat siasat ampuh agar kita tidak menjadi semakin lapar mata, coba bongkar semua barang yang anda miliki, apakah masih banyak yang bisa digunakan ? Jika ternyata iya apa perlu untuk membeli lagi ? Jika tidak digunakan apa bisa untuk disumbangkan?

Demikianlah informasi tentang 6 Tips Bebas Boros Saat Ramadhan. Bulan ramadhan biasanya bulan yang penuh diskon sehingga membuat kita tergoda untuk belanja besar-besaran. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef