6 Hal Yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa

Hal Yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa - Puasa merupakan rukun Islam yang ke-4, untuk itu sebagai seorang muslim wajib hukumnya menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Karena menjalankan puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi orang Islam yang baligh, berakal dan mampu, sehingga apabila meninggalkannya maka dia telah berdosa besar.

Baik itu puasa wajib maupun sunnah sama saja mengenai hal-hal yang membatalkan puasa dan menghilangkan pahala puasa. Sebagai seorang muslim maka anda harus bisa memahami tentang hal yang demikian, agar ibadah anda bisa diterima oleh Allah ta'ala.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa hal yang bisa menghilangkan pahala puasa, buat anda yang belum mengetahuiya alangkah baiknya anda menyimak beberapa keterangan dari artikel kami ini, semoga bisa bermanfaat dan puasa kita diterima oleh Allah ta'ala. Berikut 6 Hal yang bisa menghilangkan pahala puasa.

6 Hal Yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa
Hal Yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa

1. Berbohong

Berbohong atau berdusta memang bukan suatu hal yang membatalkan puasa. Namun tindakan demikian bisa menghilangkan keutamaan puasa dan pahala dari puasa itu sendiri. Sehingga puasa menjadi tidak sempurna.

2. Membicarakan orang lain

Ghibah atau membicarakan orang lain kedengarannya memang suatu hal yang sepele, namun hal tersebut bisa menghilangkan pahala puasa, maka dari itu orang yang berpuasa tidak cuma menahan makan dan minum saja, tapi juga menahan mulut dari ucapan-ucapan yang tidak baik.

3. Mengadu domba antar sesama

Allah ta'ala sangat membenci orang yang suka mengadu domba, apalagi jika hal tersebut dilakukan disiang hari dibulan Ramadhan. Dimana bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan, maka dari itu kita harus bisa menjaga lisan dan perbuatan.

4. Sumpah palsu

Sumpah palsu yaitu sumpah yang tidak sesuai dengan kenyataan merupakan tindakan yang sangat tercela. Hal ini juga termasuk dalam kategori berbohong, atau bisa juga berjanji namun mengingkarinya sendiri. Perbuatan tersebut bisa mengurangi bahkan menghilangkan pahala berpuasa.

5. Melihat dengan nafsu

Diantara hal lagi yang bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala dari puasa yaitu melihat dengan nafsu syahwat. Seperti misalnya seeorang pria yang melihat pakaian wanita yang terbuka, namun dia malah terus melihatnya serta membangkitkan gairahnya.

6. Riya'

Riya' atau disebut juga pamer juga termasuk perbuatan yang bisa membatalkan atau menghilangkan pahalanya puasa. Bagi anak-anak muda jangan suka mengumbar ibadah puasanya di facebook, hanya agar puasa anda diketahui oleh kalayak umum. Hal tersebut malah akan merugikan diri anda sendiri karena perbuatan tersebut bisa menghilangkan pahala puasa.

Demikianlah informasi tentang 6 Hal Yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa. Meskipun hal tersebut tidak membatalkan puasa, namun hal tersebut dapat menghilangkan pahala puasa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef