5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Sering Kembung Saat Menstruasi

Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Sering Kembung Saat Menstruasi - Diantara gejala umum yang sering dialami oleh wanita yang sedang menstruasi yaitu perut kembung. Banyak dari wanita yang menderita perut kembung ini selama siklus menstruasi. Faktor utama dari penyebab gejala ini yaitu dikarenakan selama proses menstruasi berlangsung lapisan rahim anda memproduksi bahan kimia yang disebut dengan prostaglandin.

Untuk mengatasi perut kembung disaat menstruasi yaitu anda harus bisa memperhatikan pola makan anda dengan baik dan benar. Misalnya jika anda suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak dalam lemak hewani, hati-hati karena hal ini bisa meningkatkan seri 2 prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan bahan kimia yang bisa menyebabkan kram saat menstruasi serta perut kembung. 

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit artikel mengenai beberapa hal yang harus anda lakukan jika sering kembung saat menstruasi. Agar anda tidak penasaran isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut 5 Hal yang harus anda lakukan jika sering kembung saat menstruasi.

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Sering Kembung Saat Menstruasi
Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Sering Kembung Saat Menstruasi

1. Jauh-jauh dari makanan penyebab gas

Saat menstruasi hindarilah sayuran seperti kol, brokoli dan selada. Karena sayuran ini bisa meningkatkan produksi gas dalam perut. Sayuran ini banyak mengandung gula kompleks yang sulit untuk dipecah, sehingga sari makanan yang berasal dari sayuran ini menghasilkan gas dalam perut.

2. Hindari minuman bersoda atau berkarbonasi

Suka minuman berkarbonasi atau minuman soda juga cenderung mengandung gas yang terperangkap di dalam perut, sehingga hal ini bisa memperparah perut kembung, daripada minuman bersoda lebih baik memperbanyak minum air putih biar lebih sehat dan perut tidak mudah kembung lagi.

3. Makan buah kaya protein dan potasium

Buah-buahan yang kaya akan kalium atau potasium seperti tomat, pisang dan melon bisa membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung lemak sehat seperti kacang tanah, ikan salmon serta biji-bijian juga dapat membantu menurunkan prostaglandin, hormon yang telah menyebabkan kram otot dan perut kembung.

4. Olah raga rutin

Saat menstruasi tiba, olah raga mungkin menjadi aktifitas yang sangat menyebalkan, karena biasanya wanita pasti akan malas untuk melakukan aktifitas yang berat disaat menstruasi, namun menjaga tubuh agar tetap aktif bisa membantu menurunkan gejala PMS, termasuk perut kembung.

5. Kurangi kopi

Minuman kopi terkadang bisa menyebabkan perut kembung, lebih-lebih jika diminum sebelum sarapan pagi. Jadi disaat anda mengalami menstruasi disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi untuk sementara waktu, karena hal itu mungkin juga bisa menyebabkan anda terserang kram otot.

Demikianlah informasi tentang 5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Sering Kembung Saat Menstruasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef