4 Bahan Alami untuk Atasi Perut Kembung

Perut kembung atau flatulensi adalah gangguan akibat meningkatnya jumlah gas pada saluran pencernaan. Gas-gas oksigen itu masuk melalui mulut ketika kita sedang makan, minum, atau menelan sesuatu. Namun, meningkatnya jumlah gas ini juga bisa disebabkan oleh penyakit gastroesophageal reflux yang bisa mengakibatkan penderitanya merasa mual-mual bahkan sampai muntah-muntah.

Gangguan perut kembung biasanya ditandai dengan berbagai gejala seperti sesak di perut, mual, dan mengeluarkan gas saat makan atau setelah makan. Ketika perut anda terasa kembung, biasanya nafsu makan anda akan berkurang dan bahkan hilang, karena perut anda terasa penuh akibat kembung meningkatnya gas.

Untuk mengatasi perut kembung, anda jangan langsung menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang sebenarnya lebih efektif dalam mengatasi perut kembung, serta bahan alami lebih sedikit resiko dampak negatifnya. Bahan-bahan itu mudah anda dapat disekitar anda. Berikut ini beberapa bahan alami untuk atasi perut kembung:
4 Bahan Alami untuk Atasi Perut Kembung

1. Jahe

Manfaat dari pada jahe memang tidak diragukan lagi. Khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit memang telah terbukti. Ketika perut anda terasa kembung, anda bisa memanfaatkan jahe sebagai bahan alami untuk menyembuhkan perut anda. Kandungan bahan aktif seperti gingerol dan shogaols dapat mengurangi peradangan serta mengendurkan otot-otot usus. Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat perut kembung, caranya hanya dengan merebus air dengan jahe, lalu minum air rebusan jahe tersebut. Obat alami itu dapat mengurangi tumpukan gas dan meredakan kembung.

2. Pappermint

Pappermint juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi perut kembung. Minyak mentol pada pappermint bersifat anti-spasmodik yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada perut saat kembung. Caranya memanfaatkan, kunyah saja daun pappermint segar atau juga bisa menggunakan air rebusan daun pappermint. Cara itu bisa membantu mengurangi gas pada perut anda yang kembung.

3. Makanan dengan probiotik

Probiotik merupakan suatu mikroorganisme baik yang berada didalam usus. Probiotik ini dapat mengurangi tumpukan gas di usus kecil saat terjadi kembung, sehingga masalah perut kembung secara perlahan akan reda. Makanan yang mengandung probiotik antara lain seperti yogurt dan kefir. Jika anda rutin mengkonsumsinya secara teratur, masalah pertu kembung akan teratasi, dan anda pun akan terhindar dari masalah tersebut.

4. Teh Chamomile

Teh chaamomile ini dapat anda gunakan sebagai obat penyembuh perut kembung. Sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dimiliki bunga camhomile dapat dengan mudah menenangkan perut. Caranya, anda buatlah seduhan teh bunga chamomile secangkir yang dicampur dengan satu sendok madu. Ramuan ini sangat efektif mengatasi masalah perut kembung.

Demikianlah 4 bahan alami untuk atasi perut kembung. Atasi perut kembung anda dengan bahan-bahan alami diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef