Informasi Tentang Segala Hal Yang Ada Disekitar Kita.

5 Fakta Malaria Yang Wajib Anda Waspadai

citra indah

Fakta Malaria Yang Wajib Anda Waspadai - Malaria yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Jika telah positif terjangkit malaria, maka harus segera ditangani untuk diambil tindakan pengobatannya, karena jika terlambat bisa-bisa nyawa akan melayang.

Malaria merupakan sejenis penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama plasmodium. Penyakit ini ditukarkan melalui gigitan nyamuk malaria ( anhopeles ) yang terinfeksi oleh parasit tersebut. Dalam tubuh manusia parasit plasmodium tersebut akan bekembang biak pada organ hati yang kemudian menginfeksi sel darah merah.

Pasien yang telah terinfeksi malaria akan menunjukkan gejala-gejala awal yang menyerupai influenza, jika telaha positif terjangkit malaria maka secepatnya harus segera ditangani. Pada kesempatan kali ini akan kami bahas artikel mengenai beberapa fakta malaria yang wajib anda waspadai. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan anda. Berikut 5 Fakta malaria yang wajib anda wasadai.

5 Fakta Malaria Yang Wajib Anda Waspadai
Fakta Malaria Yang Wajib Anda Waspadai

1. Gejala malaria

Penderita malaria biasanya akan mengalami demam yang cukup tinggi, terkadang juga disertai dengan sakit kepala dan badan yang terasa nyeri. Selain itu juga akan mengalami wajah yang pucat, kehilangan nafsu makan, mual-mual, hingga nafas terasa sangat berat. Gejala yang seperti ini harus segera ditangani, karena jika tidak, bahaya bisa mengancam keselamatan jiwa.

2. Efek samping malaria

Penderita malaria bisa terserang anemia karena parasit menyerang sel darah merah, akibatnya daya tahan tubuh bisa semakin menurun serta mudah terinfeksi penyakit lainnya. Efek samping pada anak-anak jika terserang penyakit ini yaitu bisa menghambat pertumbuhan otak, sehingga hal ini bisa menyebabkan sang anak kurang bisa fokus dalam menghadapi tumbuh kembangnya.

3. Ditularkan lewat vektor nyamuk

Gigitan dari nyamuk malaria (anopheles) ini bisa menyebabkan penyakit malaria, nyamuk jenis ini hingga saat ini masih banyak berkembang biak di daerah-daerah, terutama di wilayah Indonesia bagian timur yang meliputi kawasan hutan. Jika nyamuk jenis ini menggigit, terdapat parasit yang ikut terhisap bersama darah penderita, parasit tersebut akan berkembang selama 7 hari, sehingga kejadian ini bisa membuat orang terserang malaria.

4. Deteksi malaria

Setiap penderita yang sudah terdeteksi jika terserang malaria, maka harus cepat-cepat untuk segera ke klinik, puskesmas ataupun dokter untuk segera diatasi, setelah dinyatakan positif terjangkit malaria, dokter akan memberkan obat artemisinin combination therapy dengan dosis yang telah ditetapkan.

5. Pengobatan malaria

Setelah pasien dinyatakan telah positif terkena malaria, langkah pengobatan harus segera dilakukan melalui laboratorium, setelah itu anda diminta untuk rutin mengkonsumsi obat malaria sesudah makan selama tiga kali dalam sehari secara teratur.

Demikianlah informasi tentang 5 Fakta Malaria Yang Wajib Anda Waspadai. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.