9 Penyebab Telat Haid yang Jarang Disadari

Penyebab telat haid yang jarang disadari. Wanita yang sudah baligh pasti akan mengalami masa-masa menstruasi atau haid setiap bulannya. Menstruasi adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari oleh wanita, dan past akan terjadi pada wanita yang subur.

Datangnya menstruasi biasanya ditandai dengan rasa sakit yang luar biasa pada pinggul dan perut. Bahkan sebagian wanita bilang kalau sakit pada pinggul dan perut ketika menstruasi itu lebih sakit daripada sakit hati. Waow, sakit banget bukan?

Menstruasi akan terjadi rutin setiap bulannya pada sekitar tanggal-tanggal tertentu. Namun, ada juga wanita yang mengalami keterlambatan haid. Hal itu disebabkan karena siklus yang maju mundur, inilah yang sering membbuat wanita bingung dan khawatir tidak datangnya haid. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keterlambatan pada haid. Berikut penjelasannya:

9 Penyebab Telat Haid yang Jarang Disadari

1. Stres

Stres merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi setiap orang. Begitu juga bagi wanita yang sebelum atau menjelang tanggal haid. Wanita yang sering mengalami stres, entah itu akibat pekerjaan atau akibat faktor lainnya, yang jelas stres bisa menyebabkan keterlambatan haid. Jumlah haid pun terkadang tidak seimbang. Bisa sedikit dan juga bisa banyak.

2. Gangguan hormon

Seorang wanita yang menderita gangguan pada hormon akan bisa menyebabkan jadwal haid menjadi terganggu dan tidak beraturan. Untuk mengatasi masalah ini biasanya dokter akan memberikan obat khusus untuk memperlancar haid bagi penderita gangguan hormon.

3. Tubuh dalam keadaan kurang fit

Beberapa penyakit yang diderita oleh wanita juga bisa menyebabkan terganggunya jadwal haid. Ketika terserang penyakit, dokter akan memberikan resep obat-obatan yang harus diminum untuk penyembuhan. Dan obat-obatan itulah yang juga bisa menyebabkan keterlambatan haid.

4. Mengidap anoreksia dan bulimia

Bagi penderita anoreksia dan bulimia kemungkinan besar akan terganggu masalah jadwal haidnya. Bukan hanya jadwal haid yang maju mundur, akan tetapi juga jumblahnya haid yang terkadang semakin sedikit.

5. Mengkonsumsi narkoba/obat-obatan terlarang

Apakah anda termasuk wanita yang aktf mengkonsumsi obat-obatan? Resiko yang akan anda alami yaitu jadwal haid yang tidak karuan. Dan jumlah haid setiap bulannya pun sering tidak seimbang. Bahkan akan semakin sedikit dari pada bulan lalu.

6. Tubuh yang sering divorsir dan kelelahan

Anda yang sering merasa kelelahan akibat aktivitas sehari-hari juga akan beresiko mengalami keterlambatan pada jadwal haid anda. Umumnya pada saat menjelang dan pada saat haid akan merasakan nyeri luar biasa. Jika anda tidak merasakan dan tidak keluar darah haid, mungkin saja itu akibat dari tubuh anda yang sering kelelahan.

7. Berat badan yang turun drastis

Wanita yang sedang menjalankan program diet biasanya akan mengalami keterlambatan haid. Dan juga wanita yang karena suatu hal lalu mengakibatkan penurunan berat badan secara drastis, akan beresiko keterlambatan pada jadwal haidnya.

8. Sedang dalam masa menyusui

Ibu-ibu yang sedangg menyusui kemungkinan juga akan mengalami masalah pada jadwal haid. Kadang yang terlambat dan juga jumlah yang sedikit. Masalah keterlambatan haid pada ibu yang sedang menyusui merupakan suatu hal yang wajar.

9. Bolak-balik melakukan perjalanan jauh

Sering melakukan perjalanan jauh kemanapun itu, akan bisa menyebabkan tubuh terasa capek dan lelah. Rasa lelah inilah yang bisa menyebabkan jadwal haid yang aslinya awal bulan menjadi mundur beberapa hari bahkan hingga satu minggu.

Demikianlah 9 penyebab telat haid yang jarang disadari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef