5 Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Penyebab tubuh cepat lelah. Tubuh yang terasa cepat lelah memang sangat mengganggu setiap aktivitas. Baik itu aktivitas dirumah maupun diluar rumah, semuanya terasa serba tidak nyaman karena tubuh yang ringkih.

Tubuh yang cepat lelah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena pola makan yang tidak teratur dan juga terlalu banyak ngemil, sehingga membuat tubuh terasa malas dan cepat lelah. Tubuh yang lelah bisa diatasi dengan mengatur pola hidup yang baik. Jika pola hidupnya tidak beraturan dan selalu makan sembarangan, tubuh tidak akan sehat malah akan terserang berbagai penyakit, salah satunya penyakit malas yang membuat tubuh cepat terasa lelah.

Penyebab lain dari tubuh yang cepat lelah, yaitu menurut Neil Shulman dalam bukunya 'Your Body's Red Light Warning Signals', kelelahan seseorang bisa disebabkan karena faktor kejenuhan dan tekanan psikis. Menurut penjelasannya, perasaan lelah yang tiba-tiba dan berlebihan juga mungkin saja disebabkan karena suatu penyakit.

Ada juga penyebab lain dari tubuh yang sering kali merasa cepat lelah. Berikut ini beberapa penyebab tubuh terasa cepat lelah:

5 Penyebab Tubuh Cepat Lelah

1. Kurang minum air

Salah satu penyebab tubuh cepat lelah adalah karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Bahkan seorang ahli diet Texas bernama Amy Goodson mengatakan, kehilangan 2% cairan dalam tubuh saja sudah mengurangi kekuatan energi dalam tubuh. Volume darah akan menurun dan menyebabkan jantung bekerja lebih keras, sehingga mengurangi oksigen serta nutrisi untuk sampai ke otak dan organ. Alhasil, tubuh akan terasa cepat lelah dan berkepanjangan.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau makanan kemasan biasanya sarat dengan gula dan karbohidrat, yang berperan penting dalam peningkatan gula darah. Jika anda mengkonsumsinya berlebihan, maka gula darah akan semakin meningkat drastis, sehingga akan menyebabkan tubuh terasa lelah. Oleh sebab itu, jagalah kestabilan gula darah anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, terutama yang mengandung protein.

3. Kurang zat besi

Kekrurangan zat besi mampu menurunkan rasa semangat pada diri anda. Anda akan mudah lesu, marah, susah konsentrasi. Kurang zat besi juga bisa mengurangi jumlah oksigen yang menuju otot dan sel, serta akan akan lebih besar terkena resiko anemia. Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan juga bisa anda campur dengan yang mengandung vitamin C.

4. Melewatkan sarapan

Sarapan itu sangat penting, karena sarapan merupakan pengisian ulang bahan bakar tubuh. Makan di waktu lain pun juga penting, makanan yang anda makan mampu menambah energi dan juga mampu menstabilkan kekuatan. Ketika anda tidur pun juga masih membutuhkan energi untuk pemompaan darah dan mengalirkan oksigen, sehingga ketika bangun tidur, energi anda tetap akan berkurang kaena terkuras di malam hari. Maka dari itu, sarapan dipagi hari sangat penting untuk membuat tubh tetap semangat dan tidak lesu.

5. Perfeksionis

Ketkika seseorang perfeksionis dan menetapkan tujuan yang begitu realistis, tapi ternyata sangat sulit baginya untuk dijalani, maka akan berakhir dengan rasa tidak puas diri. Oleh sebab itu, jika anda tidak ingin berakhir seperti yang disebutkan, anda harus bisa menetapkan batas waktu untuk diri sendiri dalam melakukan suatu hal, atau pekerjaan. Dan anda pun harus bisa menaatinya, jangan dilanggar. Jika anda melanggarnya dan tidak mampu menjalaninya, kemungkinan anda akan berakhir dengan perasaan tidak puas.

Demikianlah 5 penyebab tubuh cepat lelah. Hindari penyebab-penyebab tersebut agar anda selalu segar dan semangat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef