7 Minuman Penyebab Gigi Kuning

Setiap orang pasti menginginkan giginya sehat dan berwarna putih alami. Dengan gigi yang putih dan sehat akan menambah kepercayaan diri mereka ketika tersenyum ataupun tertawa bersama orang-orang disekelilingnya. Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan putih alami tentunya harus senantiasa merawatnya dengan disiplin dan hindari makanan dan minuman yang dapat membuat gigi anda berubah warna yakni menguning.

Untuk mendapatkan gigi yang bersih putih alami dan tanpa noda kuning, biasanya orang rela merogoh kocek dalam untuk perawatan ke dokter gigi. Tidak tanggung-tanggung, mereka pun kadang tak memperdulikan berapa biaya yang harus dikeluarkan demi mendapatkan gigi putih dan sehat.

Sebenarnya, untuk mendapatkan gigi putih, bersih, dan sehat tidakk harus susah payah selalu ke dokter gigi dan juga tidak perlu repot mengeluarkan biaya yang banyak. Anda bisa mendapatkan gigi sehat dan putih alami dengan menghindari beberapa makanan dan minuman yang mudah meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Berikut 7 minuman pennyebab gigi kuning:
7 Minuman Penyebab Gigi Kuning

1. Kopi

Kopi memang baik untuk tubuh anda karena kandungan kafein yang bisa membuat tubuh anda terjaga. Namun, anda jangan berlebihan meminum kopi, kebiasaan minum kopi yang berlebihan akan membuat gigi anda tampak kuning. Anda bisa ambil contoh cangkir kopi anda. Semula cangkir itu bersih tanpa noda, setelah anda tuangkan kopi kedalam cangkir itu, otomatis cangkir tersebut akan menghitam dan membekas jika berterusan. Sama seperti halnya gigi anda, jika anda minum kopi terlalu berlebihan akan membuat gigi anda semakin menguning. Untuk sedikit mengatasi hal itu, campurkan susu ketika anda akan meminum kopi.

2. Teh hitam

Tidak diragukan lagi manfaat yang terkandung dalam teh. Terdapat banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari minum secangkir teh. Salah satunya adalah teh hitam, teh hitam ini kaya akan tanin yang dapat membuat tubuh anda menjadi sehat dan bugar. Namun, disamping menyehatkan, teh hitam juga dapat membuat gigi anda menguning jika terlalu sering meminumnya. Agar anda tetap bisa mengambil manfaat dari teh, sebaiknya anda pilih teh hijau sebagai penggantinya.

3. Permen

Permen memang manis, tapi efeknya yang tidak manis. Jika anda terlalu sering mengkonsumsi permen, anda akan memperoleh efek yang tidak diinginkan, yakni gigi anda akan menguning dan tidak sehat. Kandungan gula yang sangat tinggi yang terdapat pada permen akan dapat menempel digigi anda ketika anda mengkonsumsinya. Enamel gigi anda akan rusak dan gigi anda akan berubah warna menjadi kuning.

4. Soft drink

Dibalik keasyikkan rasa yang diberikan oleh soft drink, juga terdapat efek buruk yang tidak diinginkan, yaitu gigi anda akan menguning dan rusak. Jika anda terlalu sering mengkonsumsi soft drink, enamel gigi anda akan terkikis oleh kandungan gula dan asam yang tinggi yang terdapat pada soft drink itu sendiri. Sehingga gigi anda akan tampak buruk dan kuning tidak sehat.

5. Jus buah

Jus buah, selain enak dan rasanya yang segar, jus buah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Namun, anda juga harus paham dampak buruknya bagi kesehatan gigi dan lainnya, bukan hanya dampak baiknya saja. Jika anda terlalu sering minum jus buah, gigi anda akan cepat menguning, terutama buah yang berwarna gelap seperti anggur atau cranberry, minuman itu akan meniggalkan residu di gigi anda dan akan mengubah warna gigi anda menjadi kusam. Untuk mengatasinya, setelah anda selesai minum jus buah, sebaiknya anda segeralah minum air putih, agar gigi anda tampak bersih kembali.

6. Anggur merah

Selain rasanya yang enak asam-asam manis, angggur merah mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya yaitu baik untuk kesehatan jantung anda. Namun, perlu anda ketahui, anggur merah juga dapat membuat gigi anda berubah warna yakni menguning jika anda terlalu sering mengkonsumsinya.

7. Kecap

Masakan serasa kurang sedap dan nikmat bila tak menggunakan kecap. Dengan kecap, masakan akan lebih enak dan lezat di mulut. Namun, jika anda terlalu banyak dan sering mengkonsumsi kecap, itu akan merusak kesehatan gigi anda, gigi anda akan menguning secara perlahan. Hindari terlalu sering dan terlalu banyak mencampurkan kecap pada masakan.

Demikianlah 7 minuman penyebab gigi kuning. Ke tujuh minuman tersebut memang nikmat dan memiliki manfaat baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat membuat gigi menjadi kuning. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef