Tips Mendidik Anak Bertanggung Jawab

Tips Mendidik Anak Bertanggung Jawab - Menanamkan rasa tanggung jawab harus diperkenalkan sejak dini yaitu sejak usia kanak-kanak. Hal ini dikarnakan rasa tanggung jawab sangat penting. Namun untuk mengajari sang anak agar berprilakuk tanggung jawab tidaklah mudah. Kita harus bersabar dalam mendidiknya.

Untuk menjadikan anak yang bertanggung jawab, kita tidak hanya memberikan wejangan atau nasehat saja, melainkan kita sebagai orang tua juga harus memberikan contoh konkrit kepada sia anak. Dengan demikian si anak akan dengan mudah mengetahui nilai kepribadian yang harus ada pada diri mereka.

Ada beberapa cara agar si anak mau bersikap tanggung jawan. Nah berikut adalah beberapa tips agar dalam mendidik anak untuk menjadi orang yang bertanggung jawab.
Tips Mendidik Anak Bertanggung Jawab
Tips Mendidik Anak Bertanggung Jawab

1. Biarkan si anak memutuskan sendiri

Maksutnya biarkan sianak memutuskan sendiri bukan berarti membiarkan anak memutuskan sesuatu tanpa dipikir terlebih dulu. Namun biarkan si anak memutuskan sesuatu dengan menjelaskan konsekuensinya akan keputusan tersebut. Dengan demikian anak akan bertanggung jawab dengan apa yang telah dia putuskan.

2. Menjadi contoh yang baik

Anak selalu melihat dan merekam apa yang dilakukan orang dewasa disekitarnya, terutama orang tuanya, dia akan meniru apa yang dilihatnya. Oleh sebab itu anda harus memberikan contoh yang baik dan teladan bagi si anak. Anda harus memulai diri anda sendiri untuk menerapkan sikap tanggung jawab.

3. Memberinya motivasi

Cara berikutnya yaitu dengan memberikan motivasi. Anda bisa mencobanya dengan hal yang kecil seperti ketika sang anak melakukan pekerjaan rumah, puji dia atau berikan dia pelukan dan ucapan terimakasih. Dengan cara ini akan memiliki inisiatif untuk melakukan kebaikan atau membantu orang tua ketika mereka dipuji.

4. Letakan sesuatu pada tempatnya

Ajarkan si anak untuk meletakan barang pada tempatnya. Sebagai contoh sepatu harus diletakan pada rak sepatu, buku diletakan pada rak buku dan lain sebagainya. Dengan mengajarkan hal ini anak akan tersebiasa dan akhirnya rasa tanggung jawab akan muncul dengan sendirinya.

5. Mulai lebih awal

Setelah anda mengetahui tips atau cara untuk mendidik anak menjadi anak yang bertanggung jawab, anda harus memulainya secepat mungkin. Mulailah lebih awal, jangan sampai anak tumbuh besar sedangkan anda belum mengajarkan rasa tanggung jawab padanya. Nah kalau sudah demikian anak akan menjadi beban hidup bagi anda. 

Demikianla cara mendidik anak agar menjadi anak yang bertanggung jawab serta berbakti pada orang tua. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef