5 Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Lebaran Agar Tidak Boros

Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Lebaran Agar Tidak Boros - Tak terasa kita sudah dipenghujung bulan Ramadhan dan bentar lagi kita akan menyambut hari kemenangan, hari raya idul fitri. Hari raya Idul fitri terkenal dengan tradisi mudik, pakaian baru, angpau, makanan enak dan lain sebagainya. Nah inilah yang kerap membuat anggaran belanja kita melonjak tajam dan bahkan uang THR tak cukup untuk menutupinya.

Tradisi lebaran seperti mudik dan lain sebagainya selalu terjadi setiap tahunnya, anda selalu akan mengalaminya setiap tahunnya, jadi anda harus belajar dari pengalaman tahun sebelumnya agar anda tetap bisa mengontrol keuangan anda agar tak melonjak tajam dan membuat anda gempayangan, uang hasil kerja anda habis begitu saja setelah lebaran. 

Nah untuk mengatasi lonjakan pengeluaran saat lebaran, anda harus pandai dalam mengatur keuangan anda. Untuk menghadapi masalah tersebut, kami akan memberikan beberapa tips cerdas untuk mengatur keuangan agar tak boros selama lebaran. Berikut tips cerdas atur keuangan saat lebaran agar tidak boros.
Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Lebaran Agar Tidak Boros
Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Lebaran Agar Tidak Boros

1. Beli tiket mudik jauh-jauh hari

Jika anda orang yang selalu melakukan mudik saat lebaran, baiknya anda beli tiket mudik jauh-jauh hari. Hal ini untuk menghindari naiknya harga tiker, jadi anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah, dan uangnya bisa anda gunakan untuk lainnya.

2. Membuat catatan pos mengeluaran

Sebelum anda melakukan perjalanan mudik, anda harus membuat catatan pos pengeluaran seperti pengeluaran untuk transportasi, akomodasi, rekreasi dan yang terpenting adalah cacatan daftar belanja yang akan anda beli. Hal ini akan membuat pengeluaran anda lebih jelas dan pasti, hal ini juga untuk menghindari pengeluaran yang melonjak atau menghindarkan anda dari membeli barang yang tak perlu.

3. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar

Nah hal ini juga sangat penting, baiknya anda jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Membawa uang tunai dalam jumlah besar akan membuat anda tergoda untuk membeli ini dan itu. Hal ini juga akan menghindarkan anda dari membelai barang yang tidak perlu.

4. Siapkan uang khusus untuk angpao

Jika anda ingin memberikan angpao kepada sanak saudara, baiknya anda siapkan uang pecahan kecil hingga besar. Anda juga harus menentukan dari awal siapa saja yang akan anda beri angpao, kalau perlu anda buat daftar penerima angpao dari anda.

5. Membaagi uang THR menjadi beberapa bagian

Nah tips terakhri adalah dengan membagi uang THR anda menjadi beberapa bagian, maksutnya disini adalah anda gunakan THR anda untuk biaya mudik, belanja, angpao dan yang paling penting dana cadangan. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan anda dari pengeluaran yang melonjak. Dana cadangan juga sangat penting jika terjadi sesuai tak terduga seperti mobil mogok, atau lain sebagainya. Dengan demikian keuangan anda akan tetap baik-baik saja, dana cadangan ini juga nantinya bisa anda tabungkan.

Demikianlah informasi tentang Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Lebaran Agar Tidak Boros. Jangan sampai setelah lebaran anda gempayangan tak punya uang. Hindarilah membeli barang yang tidak perlu. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef