Cara Bijak Menyelesiakan Pertengkaran Suami Istri

Cara Bijak Menyelesiakan Pertengkaran Suami Istri - Dalam menjalani hubungan berumah tangga, terkadang emosi tidak sengaja menguasai serta tidak terkendali, sehingga bisa mengakibatkan api pertengkaran. Pertengkaran kecil biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa melakukan tindakan penyelamatan, namun untuk pertengkaran besar harus bisa segera dicari solusinya agar bisa secepatnya diatasi.

Pertengkaran yang besar jika tidak segera diatasi bisa meluas serta memperburuk masalah, bahkan perpecahan rumah tangga bisa menjadi taruhannya. Dalam hal ini menciptkan komunikasi yang baik merupakan langkah awal yang tepat untuk menyelematkan keutuhan rumah tangga.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa cara bijak untuk menyelesiakan pertengkaran suami istri. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa memberikan manfaat buat anda. Berikut Cara bijak menyelesiakan pertengkaran suami istri.

Cara Bijak Menyelesiakan Pertengkaran Suami Istri
Cara Bijak Menyelesiakan Pertengkaran Suami Istri

1. Berkomunikasi secara terbuka dan jujur

Dalam menghadapi permasalahan atau situasi, kita jangan terlalu pasif agresif. Jangan katakan," Tidak ada yang salah" jika memang ada sesuatu yang jelas salah. Jangan membuat pasangan anda menebak mengapa anda bisa marah, komunikasi yang baik merupakan langkah awal untuk memperbaiki sebuah hubungan.

2. Tenangkan pikiran

Ketika terjadi sebuah pertengkaran dalam rumah tangga, pikiran seseorang bisa menjadi kacau balau, disaat seperti ini orang sulit untuk menggunakan akal sehatnya secara baik. Hal ini berbahaya karena penyelesaian masalah tanpa menggunakan akal yang jernih tidak bisa membuahkan keputusan yang baik. Langkah bijak yang perlu diambil yaitu dengan menenangkan pikiran terlebih dahulu.

3. Redam emosi di dalam dada

Disaat marah, dada pasti akan terasa sesak, bahkan jika tidak kuat menahannya maka luapan emosi bisa meledak. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka bisa fatal akibatnya. Perkataan dan perbuatan yang tidak terpuji bisa saja terjadi tanpa disadari. Untuk menanggulangi hal tersebut cobalah dengan menahan amarah sekuat mungkin.

4. Ambil tanggung jawab

Mungkin akan ada kesempatan langka jika ternyata kesalahan berasal dari pasangan anda, dalam waktu yang sama anda memiliki tanggungjawab. Mengambil tanggungjawab juga merupakan bagian dari peran anda..

5. Tidak menunda menyelesiakan masalah

Menunda dalam penyelesian masalah malah bisa memperburuk masalah, masalah yang baru bisa saja muncul jika tidak segera dicari solusinya. Sebaiknya setiap pasangan rumah tangga segera menyelesaikan masalahnya agar tidak sampai berlarut-larut.

6. Fokus dan mendengarkan ketika mendengarkan masalah

Kekesalahan yang bertumpuk terkadang bisa membuat orang menjadi melantur ketika melampiaskan perasaannya, sehingga hal inti yang dipermasalahkan jadi tersamarkan. Keadaan tersebut malah bisa membawa permasalahan yang baru, apalagi jika tidak pandai dalam mengontrol emosi saat marah.

Demikianlah informasi tentang Cara Bijak Menyelesiakan Pertengkaran Suami Istri. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef