Informasi Tentang Segala Hal Yang Ada Disekitar Kita.

5 Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran

Leni Fauziah

Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran - Momen lebaran merupakan moment yang paling membahagiakan bagi semua umat islam tak terkecuali bagi anak-anak. Ya dimoment lebaran ini anak-anak tidak hanya bisa menikmati berbagai hidangan lezat seperti opor ayam, rendang, berbagai jenis kue dan bertemu dengan sanak saudara, anak-anak juga akan mendapatkan salam tempel atau angpao dari sanak saudara dan juga kerabat, tak heran jika anak memiliki banyak uang saat lebaran.

Nah sebagai orang tua anda wajib ajarkan anak dalam mengelola uang angpao tersebut agar uang tersebut tidak habis untuk hal-hal yang tak bermanfaat. Selain itu hal ini juga merupakan waktu yang paling tepat bagi orang tua untuk mengajarkan sang anak tentang mengelola uang dengan baik. Memberikan pelajaran ini juga akan mengajarkan anak  tentang sikap tanggung jawab. Nah berikut 5 hal yang harus orang tua ajarkan kepada anak tentang cara mengelola uang angpao lebaran.
5 Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran
Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran

1. Ajarkan anak untuk menyimpan uangnya sendiri

Cara pertama yaitu anda harus mengajarkan anak untuk menyimpan uangnya sendiri. Beri kepercayaan kepada anak untuk menyimpan uang yang didapatkannya tersebut, Dengan demikian anak akan memiliki tanggung jawab pribadi, selain itu anak juga akan mengerti pentingnya mengendalikan diri sendiri.

2. Bantu anak untuk membelanjakan uang tersebut

Jika anak ingin membelanjakan uang tersebut, anda sebagai orang tua wajib membantu anak untuk membelanjakan uang tersebut agar barang yang dibeli dapat bermanfaat dan tidak mubadhir. Beri pemahaman kepada anak, bahwa tidak semua barang dapat dibeli oleh uang yang didapatkan sang anak. Selain itu anda juga ajarkan batasan-batasan dalam membelanjakan uang agar si anak tidak boros.

3. Sisihkan sebagian uang untuk ditabung

Dari uang yangb didapatkan anak, ajarkan anak untuk menyisihkannya sebagai tabungan masa depan. Dengan demikian, anak akan memahami konsep menabung dan tidak menjadi anak yang boros. Anak juga akan belajar dalam memprioritaskan dalam hidupnya.

4. Ajarkan untuk beramal

Selain diajarkan untuk menabung, anda juga wajib mengajarkan anak untuk beramal. Tanamkan jiwa sosial pada anak sejak dini dengan mengajarkan saling berbagai kepada sesama. Dari sini anak akan belajar bersimpati dan peduli kepada sesama.

5. Ajarkan anak untuk berwirausaha

Anda juga bisa mendidik anak agar mandiri dengan cara mengajarkan anak berwirausaha kecil-kecilan seperti jualan kue, jualan mainan atau lain sebagainya. Dengan demikian, anak akan menjadi mandiri dan mengerti cara mengatur keuangan. Namun hal tersebut harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Demikianlah informasi tentang 5 Tips Ajarkan Anak Kelola Uang Angpao Lebaran. Jangan sampai uang angpao anak menjadi mubadhir karena membeli barang-barang yang tak bermanfaat. Terimakasih.