Informasi Tentang Segala Hal Yang Ada Disekitar Kita.

Tips Ajarkan Anak Puasa Agar Tidak Terasa Berat

citra indah

Tips Ajarkan Anak Puasa Agar Tidak Terasa Berat - Bagi orang dewasa mungkin puasa sesuatu yang mudah dilakukan, namun buat anak-anak puasa menjadi suatu tantangan tersendiri, apalagi jika mereka membayangkan tidak boleh makan dan minum selama sehari penuh.

Anda juga tidak perlu memaksakan anak-anak yang masih usia belia untuk berpuasa sehari penuh, ada beberapa pendekatan agar anak bisa terbiasa dan nyaman dalam berpuasa. Hal ini perlu dilakukan agar puasa tidak menjadi sesuatu yang sangat menyeramkan buat anak.

Pada kesempatan kali ini akan kami bahas artikel mengenai beberapa tips untuk mengajarkan anak puasa agar tidak terasa berat. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa bermanfaat.Berikut Tips ajarkan anak puasa agar tidak terasa berat.

Tips Ajarkan Anak Puasa Agar Tidak Terasa Berat
Tips Ajarkan Anak Puasa Agar Tidak Terasa Berat

1. Tidurkan anak lebih awal saat malam hari

Pada bulan Ramadhan bukan hanya siklus makan saja yang berubah, waktu tidur pun juga perlu diatur ulang. Biasakan anak anda tidur lebih awal agar ketika waktu sahur bisa lebih mudah dibangunkan serta tidak mengantuk saat sekolah.

2. Menu sahur harus bergizi, berserat dan sehat

Buatkanlah anak anda salad atau jus buah agar anak anda tidak mudah dehidrasi saat siang hari, sediakan lebih banyak sayur-sayuran serta buah-buahan untuk makanan anak, agar bisa menunjang kesehatan tubuh anak, lebih-lebih ketika anak mulai belajar berpuasa.

3. Jangan tergesa-gesa saat sahur

Biarkan anak makan sahur dengan tanpa tergesa-gesa. Pada umumnya anak makan lebih lama waktunya, jadi lebih baik jika memulai sahur jangan terlalu mepet dengan imsak. Buat suasana waktu sahur keluarga menjadi menyenangkan serta bersemangat.

4. Hindari berpuasa tanpa sahur

Diusahakan anak harus makan sahur agar bisa menjalani puasa seharian penuh. meskipun tidak terlalu bermakna banyak, namun bisa dipastikan jika anak sahur maka puasanya akan semakin kuat dalam menjalaninya.

5. Biarkan anak tidur setelah sahur

Anak perlu tidur selama 8 jam dalam sehari, karena tidur yang cukup bisa membuat anak lebih siap dalam menjalani ibadah puasa. Begitupun dengan tidur siang, cara ini bisa membantu mengalihkan rasa lapar dan haus yang dirasakan anak.

6. Batasi aktifitas anak

Ingatkan anak agar tidak terlalu banyak dalam beraktifitas fisik yang bisa membuatnya cepat menjadi lelah, lapar dan haus. Beermain tidak masalah asal tidak terlalu berlebihan hingga membuat mereka ingin membatalkan puasanya.

7. Ajak anak menyiapkan menu buka

Tanyakan kepada anak, menu makanan dan minuman apa yang ingin disiapkan untuk berbuka puasa. Siapkan menu favorit mereka. Cara seperti ini bisa membuat mereka menjadi lebih bersemangat dalam menjalani ibadah puasa dan menunggu buka puasa tiba.

Demikianlah informasi tentang Tips Ajarkan Anak Puasa Agar Tidak Terasa Berat. Sebagai orang tua anda wajib mengajarkan anak beribadah dengan baik dan nyaman termasuk ibadah puasa. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.