7 Makanan Berkolesterol Tinggi yang Wajib Anda Hindari

Makanan berkolesterol tinggi yang wajib anda hindari - Menjaga kestabilan berat badan memang sangat penting untuk dilakukan. Selain baik untuk kesehatan, penampilan pun juga akan ikut tetap terjaga. Lalu bagaimana cara untuk menjaga kestabilan berat badan?

Untuk menjaga berat badan anda, tentu yang perlu dilakukan paling utama adalah menerapkan pola makan yang sehat, teratur, dan tidak berlebihan. Berbicara tentang makanan sehat, anda pun harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung didalamnya. Kandungan seperti apa saja yang harus anda hindari dan kandungan apa saja yang harus di konsumsi.

Salah satu kandungan yang perlu di hindari adalah kolesterol. Namun tidak semua kolesterol perlu dihindari. Tapi ketahuilah, beberapa daftar makanan berikut ini memiliki kandungan kolesterol tinggi yang perlu untuk anda hindari:

7 Makanan Berkolesterol Tinggi yang Wajib Anda Hindari
Makanan Berkolesterol Tinggi yang Wajib Anda Hindari

1. Lemak jenuh

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh diantaranya adalah mentega, bacon, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan seperti minyak zaitun, minyak sayur, atau minyak jagung yang lebih menyehatkan untuk tubuh anda dan juga lebih menjaga berat badan anda.

2. Lemak trans

Lemak trans ini juga perlu anda hindari. Biasanya lemak trans terdapat pada makanan seperti margarin, krakers, biskuit, keripik, dan lain sebagainya. Hindari makanan seperti itu dan gantilah dengan makanan lain uang lebih sehat. Minimal anda bisa mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans.

3. Makanan cepat saji

Mungkin makanan cepat saji terlihat sangat menggoda dan sangat nikmat, lezat, praktis, dan pastinya enak serta murah. Tapi ingat, anda tidak boleh berlebihan. Batasilah dalam mengkonsumsi makanan seperti hamburger, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya. Umumnya makanan cepat saji memiliki kandungan lemak, terutama lemak jenuh. Jadi, gantilah dengan makanan lain yang lebih sehat.

4. Produk susu

Susu memang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan. Namun anda juga perlu membatasi konsumsi susu. Batasi susu dan produk turunannya yang mengandung lebih dari 1% lemak. Yang termasuk produk susu antara lain seperti keju, krim, es krim, dan krimer kopi. Dengan membatasi produk tersebut akan bisa menjaga tubuh anda tetap sehat dan terhindari kolesterol berlebih.

5. Daging berlemak

Sudah pasti daging berlemak perlu anda hindari. Diantaranya adalah kornet sapi, iga sapi, steak, hot dog, sosis, bacon, dan daging olahan. Dan juga batasi konsumsi jeroan seperti paru, limpa, hati, ginjal, dan otak. Anda bisa menggantu daging itu semua dengan daging yang lebih rendah lemak seperti ayam atau kalkun tanpa kulit, daging sapi bebas lemak, sapi muda, ikan, dan daging lain yang rendah lemak.

6. Protein hewani

Batasilah konsumsi protein hewani  seperti daging sapi , ayam kambing, bebek, ikan, dan lain sebagainya sebanyak 140 gr dalam sehari. Selain membatasi daging tersebut, anda juga perlu membatasi konsumsi kuning telur. Sebab dapat membuat berat badan anda semakin meningkat.

7. Seafood

Memang ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak semu ikan baik. Ada beberapa jenis makanan yang perlu anda batasi sebab mengandung lemak yang tinggi. Hindari makanan seafood seperti lobster, udang, dan cumi-cumi. Atau setidaknya anda bisa mengurangi kinsumsi makanan tersebut.

Demikianlah informasi tentang 7 Makanan Berkolesterol Tinggi yang Wajib Anda Hindari. Makana berkolesterol merupakan makanan tak sehat yang bisa mengancam kesehatan jantung anda, oleh sebab itu hindari makanan berkolesterol untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef