5 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Mudik Dengan Motor Aman Dan Nyaman

Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Mudik Dengan Motor Aman Dan Nyaman - Hai sobat muslim, sudah siapkan anda untuk merayakan hari raya Idul Fitri? Biasanya momen lebaran indentik dengan acara kumpul bersama dengan keluarga. So, tidak heran jika masyarakat Indonesia memiliki tradisi wajib tiap tahunnya yaitu mudik.

Banyak sekali jenis kendaraan yang bisa dijadikan transportasi buat mudik bersama keluarga. Seperti kereta, mobil, kapal atau bus. Namun diantara yang paling menjadi favorit yaitu mudik dengan menggunakan motor. Banyak orang yang memilih menggunakan motor untuk mudik karena motor bisa menembus kemacetan dengan mudah. Selain itu mudik dengan menggunakan motor sendiri juga lebih murah, namun anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan dan kenyaman mudik menggunakan motor.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan agar mudik menggunakan motor bisa aman dan nyaman. Agar anda tidak penasaran dengan isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa bermanfaat serta memberikan kenyaman dalam perjaanan mudik anda ke kampung halaman. Berikut 5 Hal yang harus diperhatikan agar mudik dengan motor.
5 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Mudik Dengan Motor Aman Dan Nyaman
 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Mudik Dengan Motor Aman Dan Nyaman

1. Cek kondisi motor

Pastikan anda sudah mengecek kondisi motor anda. Jangan sampai ketika anda menggunakan motor untuk mudik malah mogok atau rusak diperjalanan. Sebelum benar-benar dibawa untuk mudik anda benar-benar memeriksa kondisi motor terlebih dahulu ke bengkel langganan anda, seperti service dahulu, ganti oli, cek kondisi rem serta lampu. Dipastikan motor aman dan nyaman ketika dipakai untuk mudik.

2. Kelengkapan motor

Pastikan motor yang akan anda bawa mudik sudah lengkap. Mulai kelengkapan bagian-bagian motor sampai kelengkaan surat-suratnya motor seperti STNK serta SIM. Cek juga apakah kondisi ban, rem, spion dalam keadaan lengkap dan prima.

3. Barang bawaan

Jika perfoma motor dirasa sudah memungkinkan untuk dibuat mudik, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan masalah barang bawaan. Pastikan anda membawa barang bawaan secukupnya saja. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena hal tersebut bisa membuat keadaan tidak aman serta anda kurang merasa nyaman. Bawa barang yang dianggap anda penting saja.

4. Kesehatan pengendara

Sebelum anda mudik menggunakan motor, pastikan anda mengecek kondisi kesehatan anda. Kondisi kesehatan tersebut bisa berupa kondisi kesehatan pengendara ataupun seseorang yang diajak berkendara. Jangan sampai mudik dengan perjalanan jauh namun kondisi tubuh kurang fit serta kurang fokus.

5. Gunakan perlengkapan lengkap dan standart

Saat anda memutuskan untuk mudik menggunakan sepeda motor, pastikana anda menggunakan perlengkapan motor yang lengkap dan standart. Jangan lupa juga untuk memakai helm yang memenuhi standart SNI. sarung tangan, masker, jaket, kaos kaki, sepatu , serta perlengkapan lain yang dibutuhkan, selain itu jangan lupa anda siapkan jas hujan.

Demikianlah informasi tentang 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Mudik Dengan Motor Aman Dan Nyaman. Selamat bermudik dan berhati-hatilah selama dalam perjalanan, utamakan keselamatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef