5 Cara Menyeimbangkan Ibadah Dan Kerja Saat Puasa Ramadhan

Cara Menyeimbangkan Ibadah Dan Kerja Saat Puasa Ramadhan - Tantangan terberat ketika bulan Ramadhan yaitu bangun pagi-pagi buta untuk makan sahur, padahal di pagi harinya anda harus bekerja, akibatnya bisa timbul rasa kantuk yang hebat disaat kerja, untuk itu anda harus bisa mengatur antara ibadah dan kerja agar semuanya bisa berjalan seimbang dan lancar.

Sebagai umat Islam harus bisa memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan untuk semakin giat dalam memperbanyak ibadahnya. Namun pekerjaan yang padat seharusnya tidak menghalangi ibadah di bulan suci. Pasalnya Allah swt selain akan memberikan rizqi yang berlimpah juga menjanjikan pahala yang berlipat dari segala ibadah di bulan Ramadhan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa cara menyeimbangkan ibadah dan kerja saat puasa Ramadhan. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang dan lebar, langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa bermanfaat. Berikut 5 Cara menyeimbangkan ibadah dan kerja saat puasa Ramadhan.

5 Cara Menyeimbangkan Ibadah Dan Kerja Saat Puasa Ramadhan
Cara Menyeimbangkan Ibadah Dan Kerja Saat Puasa Ramadhan

1. Ubah jam tidur menjadi lebih awal

Pada bulan Ramadhan biasanya kantor mengeluarkan kebijakan dengan menyesuaikan jam kerja, jam masuk menjadi dimajukan serta jam istirahat menjadi dikurangi dan pulang lebih awal. Manfaatkan waktu pulang kerja lebih awal tersebut untuk bisa berbuka puasa bersama keluarga di rumah, kemudian shalat tarawih bersama. Lalu tidur pada jam lebih awal.

2. Usahakan tidak kembali tidur usai sahur

Manfaatkanlah bulan Ramadhan dengan beribadah shalat tahajjud pada sepertiga malam yang terakhir, usai shalat tahajjud kemudian persiapkan diri untuk makan sahur. Usai makan sahur sebaiknya jangan langsung tidur, karena setelah makan terus tidur itu tidak baik buat kesehatan. Lakukanlah aktifitas-aktifitas positif seperti mempersiapkan pekerjaan kantor atau hanya sekedar bersih-bersih kamar. Setelah itu bisa menjalankan shalat subuh dengan berjam'ah.

3. Manfaatkan baik-baik waktu perjalanan ke kantor

Jika anda pergi ke kantor biasa menggunakan angkutan umum, anda bisa memanfaatkan waktu diperjalanan dengan membaca Al Qur'an ataupun dengan berdzikir. Selama Ramadhan sering kali dalam angkutan dijumpai orang-orang yang sedang mengaji, dan lebih baik daripada tidur.

4. Lawan rasa kantuk dengan ibadah

Jika saat subuh datang tiba-tiba rasa kantuk menyerang segera cuci muka atau berwudhu kemudian shalat sunnah. Lakukan hal ini juga pada saat jam istirahat siang dengan melakukan shalat dhuhur berjama'ah agar rasa kantuknya bisa hilang.

5. Pulang selalu tepat waktu

Ketika jam kantor sudah menunjukkan selesai dan waktunya pulang, maka segeralah pulang untuk menghindari kemacetan di jalan. Tiba di rumah lebih cepat akan lebih baik agar waktu beristirahat anda lebih panjang serta bisa menyiapkan menu makanan buat buka puasa bersama keluarga di rumah.

Demikianlah informasi tentang 5 Cara Menyeimbangkan Ibadah Dan Kerja Saat Puasa Ramadhan. Dibulan ramadhan yang penuh berkah ini, kita harus memperbanyak amal ibadah, namun juga jangan sampai meninggalkan pekerjaan kantor kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef