6 Makanan Penyebab Cepat Pikun

Makanan Penyebab Cepat Pikun - Apakah anda termasuk orang yang sering lupa? Misalnya lupa menaruh dompet atau kunci motor, padahal anda sendiri yang baru meletakkan barangnya, namun cepat sekali sudah lupa ingatannya. Penyakit lupa bisa saja anda alami, hal itu biasa disebut dengan pikun atau sering lupa ingatan.

Pikun bisa berarti karena telah menurunnya kemampuan kognitif ( berfikir ), pikun disebabkan karena gangguan jaringan otak. Dalam dunia medis pikun dikenal dengan istilah demensia, yang memiliki arti kemunduran fungsi sosial dan intelektual.

Pada kesempatan kali ini akan kami bahas artikel mengenai beberapa makanan penyebab cepat pikun. Ada beberapa jenis makanan yang perlu anda hindari dan beberapa jenis makanan lagi jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan karena hal itu bisa mempercepat pikun. Agar anda tidak penasaran bagaimana isinya, langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami ini, semoga bermanfaat. Berikut 6 Makanan penyebab cepat pikun.

6 Makanan Penyebab Cepat Pikun
Makanan Penyebab Cepat Pikun

1. Pemanis buatan

Mulai sekarang anda perlu berhati-hati dalam pemakaian pemanis buatan ke dalam minuman, jika perlu hindari pemanis buatan, karena itu tidak sehat. Pemanis buatan banyak memiliki efek samping, diantaranya yaitu bisa memicu terjadinya sakit kepala, penurunan berat badan, depresi sampai bisa hilangnya memori.

2. Daging olahan

Daging olahan biasanya banyak mengandung nitrosamin yang bisa menyebabkan kerusakan organ hati karena daging olahan lebih banyak produksi lemaknya. Selain itu makanan ini juga bisa menghambat memori serta membahayakan otak.

3. Keju olahan

Keju merupakan makanan sumber kalsium dan protein,tapi jenis keju olahan seperti keju mozzarella dan keju Amerika sangat tinggi kandungan lemak jenuhnya, sehingga makanan jenis ini bisa memungkinkan meningkatkan resiko kehilangan memori manusia.

4. Tahu

Tahu memang makanan yang dianggap sehat serta kaya proteinnya, namun perlu anda ketahui jika tahu juga memiliki efek buruk buat kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian, jika seseorang kelebihan dalam mengkonsumsi kedelei, orang tersebut bisa beresiko demensia lebih cepat diusia 40 tahun keatas.

5. Roti tawar

Roti tawar bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan penyakit alzheimer dimasa tua. Maka dari itu mulai sekarang hindarilah konsumsi roti tawar dan gantikan dengan roti gandum yang lebih sehat serta bergizi.

6. Bir

Seseorang yang meminum dua gelas bir setiap harinya bisa beresiko lebih besar terkena penyakit alzheimer, selain itu juga bisa lebih cepat menderita kehilangan memori dimasa tuanya. Meminum bir juga bisa merusak sel-sel saraf pada otak, yang akhirnya bisa mempengaruhi fungsi kognitif otak.

Demikianlah informasi tentang 6 Makanan Penyebab Cepat Pikun. Hindarilah ke enam makanan tersebut agar ingatan anda tetap kuat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef