6 Amalan Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir

Amalan Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir - Amalan jariyah artinya yaitu amalan yang akan selalu mengalir terus sampai hari kiamat, walaupun orangnya yang beramal tersebut sudah meninggal dunia. Sungguh luar biasa pahalanya bagi orang yang gemar beramal jariyah ini. Banyak sekali amalan-amalan yang bisa dikatakan sebagai amal jariyah, seperti yang akan kami terangkan di bawah ini mengenai beberapa amalan jariyah yang pahalanya akan terus mengalir.

Berbicara tentang amalan jariyah ini sudah disinggung dalam hadist nabi Muhammad shallahu 'alaihi wasallam yang sangat terkenal, yang artinya sebagai berikut,'' Jika anak adam ( manusia ) meninggal dunia, maka terputuslah semua ( pahala ) amal perbuatannya kecuali 3 macam amalan, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya" ( HR. Muslim ).

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa amalan yang pahalanya akan terus mengalir. Siapa yang tidak ingin pahalanya selalu mengalir ? Pasti semua menginginkannya. Agar anda tidak penasaran apa saja isinya, langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa memberikan manfaat buat kita semua. Berikut 6 Amalan yang pahalanya akan terus mengalir.
6 Amalan Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir
Amalan Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir

1. Mengajarkan ilmu pengetahuan

Ilmu di sini maksudnya yaitu ilmu yang bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain, sehingga bisa menambah keilmuan orang lain terhadap ajaran agama Islam dan bisa lebih mengenal Rabb-nya. Ilmu yang bisa menunjukkan orang ke jalan yang lurus, ilmu yang bisa mengenalkan seseorang antara yang haq dan yang batil, yang halal dan yang haram.

2. Membangun masjid

Masjid merupakan tempat yang paling dicintai oleh Allah. Jika sebuah masjid didirikan maka otomatis di situ akan didirikan shalat, ayat-ayat Al Qur'an dilantukan. Buat orang yang membangunnya akan dijanjikan oleh Allah pahala yang besar dari setiap aktifitas ibadah yang dikerjakan di dalam masjid tersebut.

3. Mewaqafkan mushah Alquran

Orang-orang yang mencetak Al Qur'an kemudian membagikannya dengan cara mewaqafkan pada masjid serta tempat-tempat belajar, sehingga umat Islam bisa memperoleh manfaatnya, maka dia akan mendapatkan pahala yang sangat besar disetiap orang-orang yang datang membacanya serta orang-orang yang bisa mentadabburi isi Al qur'an dan mengamalkan kandungan dari Al Qur'an.

4. Mendidik anak sholeh

Sebagai orang tua wajib memberikan pendidikan anak yang baik, agar dalam dirinya bisa tumbuh ketaqwaan serta kebaikan sehingga mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang shaleh. Anak-anak ini akan berdoa buat kedua orang tuanya, memohonkan ampunan serta rahmat buat bapak ibunya> Sangat beruntung sekali jika orang tua bisa memiliki keturunan anak-anak yang shaleh, selain bisa mendoakannya, anak-anak yang shaleh juga bisa mengangkat derajatnya orang tua, baik di dunia maupun di akherat kelak.

5. Menanam pohon kurma

Kurma adalah pohon yang paling utama serta paling bermanfaat buat manusia, barangsiapa yang menanam kurma kemudian membagikan buahnya kepada kaum muslimin, maka pahalanya akan dia dapatkan dari setiap butir kurma yang telah dimakan, sama hal nya dengan menanam pohon lainnya yang bisa memberikan kemanfaatan buat orang lain. Penyebutan kurma ini karena keutamaan serta keistimewaan pohon kurma dibandingkan dengan pohon yang lainnya.

6. Menggali sumur

Alkisah pada zaman rasul, ada seorang pelacur yang menjumpai seekor anjing yang tengah kehausan di pinggir jalan. Wanita tersebut merasa iba dan kasihan terhadap anjing tersebut, sehingga dia turun kedalam sumur dan mengisi sepatunya dengan air lalu meminumkannya pada anjing tersebut. Dan karena perbuatan wanita tersebut Allah mengampuninya dan memasukkannya kedalam surga. Para sahabat bertanya pada rasulullah "Ya rasulullah, apakah perbuatan baik terhadap hewan bisa mendatangkan pahala bagi kita?"
Rasulullah menjawab "Ya, karena pada setiap nyawa itu terdapat ganjaran pahala". (Mutafaqun alaihi)
Dari kisah diatas, jadi orang yang membuat sumur dan dimanfaatkan oleh orang banyak akan mendatangkan pahala yang akan terus mengalir.


Demikianlah informasi tentang 6 Amalan Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir. Lakukanlah keenam amalan tersebut, karena amalan tersebut akan mengalirkan pahala terus-menerus meskipun anda sudah meninggal dunia. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef