5 Ramuan Alami Untuk Atasi Kehilangan Suara Karena Serak

Ramuan Alami Untuk Atasi Kehilangan Suara Karena Serak - Memiliki suara serak memang bisa menjadi sebuah hambatan yang serius bagi orang yang aktifitasnya berhubungan dengan dunia tarik suara. Mereka selalu berusaha agar penyakit tersebut bisa segera hilang darinya, sehingga tidak mengganggunya lagi.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit serak ini, seperti kebiasaan merokok, naiknya asam lambung yang mengiritasi kotak suara, menggunakan suara yang berlebihan, dan lain sebagainya. Suara serak tersebut bisa menjadi pertanda utama dari sakit tenggorokan.

Suara serak ini sebenarnya bisa disembuhkan dengan ramuan dari bahan-bahan alami, selain lebih aman dan efektif, ramuan jenis ini juga lebih murah. Pada kesempatan kali ini akan kami bahas buat anda mengenai beberapa ramuan alami untuk atasi kehilangan suara kerena serak. Berikut 5 Ramuan alami untuk atasi kehilangan suara karena serak.
5 Ramuan Alami Untuk Atasi Kehilangan Suara Karena Serak
Ramuan Alami Untuk Atasi Kehilangan Suara Karena Serak

1. Jahe

Jahe segar merupakan musuh utama dari penyakit radang tenggorokan, termasuk juga radang pita suara, hal ini karena jahe bisa menenangkan selaput lendir serta radang pada pita suara.

Resep :
1 rimpang jahe segar, iris tipis
1 buah lemon segar
madu secukupnya

Caranya yaitu rebus air secukupnya bersama dengan jahe dalam sebuah panci tertutup selama sekitar 15 menit. Saring airnya kemudian diamkan dingin dalam suhu ruangan. Sebelum anda mengkonsumsinya anda bisa menambahkan madu dan perasan air lemon, konsumsi air jahe ini secara rutin dua kali selama sehari pagi dan sore agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Madu

Selain mengandung rasa yang manis, madu dipercaya juga bisa menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Maka dari itu makanan yang terkenal manis ini sangat efektif mengatasi peradangan tenggorokan, termasuk radang pita suara.

Resep :
1 buah lemon segar
2 sdm madu
Tambahkan madu serta perasaan air lemon dalam secangkir air panas, minumlah selagi hangat, minumlah secara rutin dua kali dalam sehari. Untuk menambah sensasi lebih kuat, mungkin anda bisa menambahkan bubuk cabe dalam ramuan minuman tersebut.

3. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat anti-mikroba yang bisa membantu melawan infeksi. sehingga bisa membantu anda untuk mengobati radang pita suara anda.

Resep :
2 sdm cuka apel
1 sdm madu
1/2 cangkir air matang
Caranya yaitu campurkanlah semua barang tersebut, anda juga bisa menambahkan satu buah cabe rawit ukuran kecil. Minumlah dua kali dalam sehari.

4. Bawang merah

Bawang merah ini dipercaya bisa berperan sebagai pelega tenggorokan alami disaat tenggorokan terasa serak. Selain itu bawang merah juga merupakan obat yang efektif dalam mengatasi peradangan pita suara alami.

Resep :
4 bawang merah ukuran sedang
4 cangkir air
Campurkan kedua bahan tersebut kemudian masak dengan api yang kecil sampai mengental ( seperti sirup). Kemdian campurkan sirup bawang merah tersebut ke dalam segelas air yang hangat. Lalu tambahkan beberapa tetes air lemon dan satu sendok makan madu.

5. Bawang putih

Bawang putih memang sudah terkenal memiliki banyak sekali khasiatnya. Kandungan anti-mikroba dalam bawang putih bisa mengatasi virus serta bakteri. Selain itu bawang putih juga bisa berperan sebagai pelega tenggorokan alami.

Resep :
Bawang putih secukupnya
Cuka apel secukupnya
Madu secukupnya
air secukupnya

Caranya yaitu potong bawang putih kemudian campurkan cuka apel dan air secukupnya. Simpanlah ke dalam toples yang tertutup rapat lalu kocok-kocok sampai bahan tercampur rata. Diamkan selama 5 jam. Kemudian tambahkan sedikit madu sebelum anda menyimpannya ke dalam kulkas.
Minumlah sirup ini 1-2 sendok makan setiap 6 jam sekali.

Demikianlah 5 Ramuan Alami Untuk Atasi Kehilangan Suara Karena Serak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef