5 Hal Sepele yang dapat Menyebabkan Pingsan

Hal sepele yang dapat menyebabkan pingsan. Pingsan adalah kondisi dimana seseorang hilang kesadaran secara tiba-tiba dan ini sering menyebabkan orang terjatuh. Istilah pingsan dalam dunia medis adalah 'sinkop'. Bahkan bersarkan perkiran, sekitar dua dari lima orang pernah mengalaminya.

Pingsan bisa terjadi pada siapapun dan di usia berapapun. Pada umumnya pingsan terjadi pada orang yang usianya dibawah 40 tahun. Jika sudah diatas 40 tahun, itu berarti kemungkinan terjadi masalah kesehatan yang serius. Pingsan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dan ini terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui atau direncanakan.

Mungkin pingsan bukanlah masalah yang serius, namun hal ini perlu diperhatikan. Karena jika anda membiarkan hal ini selalu terjadi juga akan merugikan diri sendiri. Anda juga perlu mengenali apa saja hal yang dapat menyebabkan pingsan, termasuk hal sepele sekalipun. Berikut ini lima hal sepele yang dapat menyebabkan pingsan:

5 Hal Sepele yang dapat Menyebabkan Pingsan
pingsan

1. Sangat lapar

Sangat lapar memang dapat menyebabkan seseorang pingsan. Misal saja ketika anda sibuk dengan aktivitas atau pekerjaan anda yang full, anda pun menjadi lupa makan. Setelah tahu, anda merasakan perut anda sangat lapar, kemudian tanpa anda sadari anda terjatuh pingsan. Ini disebabkan karena tubuh kekurangan bahan bakar untuk otak. Sehingga otak hilang kendali dan melemah.

2. Stres hipertensi

Stres hipertensi merupakan salah satu hal yang dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan. Bahkan akan berbahaya jika anda tidak segera mengatasinya. Untuk mengatasi demi sedikit, anda bisa mulai menjaga atau mengendalikan tingkat kesetresan anda. Jika tak mampu mengendalikan, kemungkinan besar suwaktu-waktu anda akan mengalami pingsan secara tiba-tiba dan tidak terduga.

3. Tekanan darah rendah

Mungkin anda merasa biasa dan tidak terlalu memperdulikan jika tekanan darah anda rendah. Namun tahukah anda jika tekanan darah rendah ternyata bisa membuat anda pingsan secara tiba-tiba? Ya, jika anda tidak menangani hal ini dengan baik pun akan menyebabkan berbagai penyakit. Sebab itu anda tidak boleh melupakan waktu makan anda, yang biasa disebut hipoglikemia. Karena hipoglikemia dapat menyebabkan penurunan kadar gula dan tekanan dalam tubuh. Anda pun akan mudah pingsan.

4. Aritmia jantung

Aritmia jantung atau detak jantung yang tak beraturan dapat membuat anda mudah pingsan secara tiba-tiba. Hal ini karena kaki anda menjadi tidak stabil akibat gangguan aliran dara pada otak. Jika anda membiarkan hal semacam ini, dalam jangka panjang dan secara tiba-tiba bisa saja akan membuat penderitanya mengalami pembekuan darah dan stroke.

5. Masa awal kehamilan

Ketika anda mengalami masa awal kehamilan, anda merasakan tubuh anda tidak stabil dan bahkan pingsan secara tak terduga. Jika ini terjadi pada anda, pastikanlah diri anda untuk melakukan tes yang akurat. Agar tubuh anda bisa lebih tejaga dengan baik dimasa kehamilan.

Demikianlah 5 hal sepele yang dapat menyebabkan anda pingsan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef