6 Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tips mengontrol tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi meningkatnya darah pada arteri yang dapat mengharuskan jantung bekerja lebih keras. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik (berkontraksi) dan diastolik (berelaksasi).

Untuk mengontrol tinggi rendahnya tekanan darah memang tidaklah mudah. Akan sulit jika anda tidak bisa mengatur pola hidup dan pola makan anda. Tekanan darah yang tinggi jika dibiarkan akan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti serangan jantung dan gagal ginjal.

Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi bisa anda atasi dengan menggunakan beberepa tips atau cara. Dengan bantuan tips-tips itu, anda akan lebih mudah untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa tips mengontrol tekanan darah tinggi:
6 Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

1. Kurangi alkohol

Alkohol memang tidak baik untuk dikonsumsi, dan bahkan dilarang oleh agama dan bangsa. Bukan tanpa sebab melarang alkohol untuk diminum. Karena alkohol dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan, salah satunya adalah tekanan darah yang akan selalu meningkat. Sebaiknya hentikan minum alkohol dan bisa anda ganti dengan minuman lainnya yang lebih menyehatkan.

2. Diet

Diet dapat menurunkan berat badan anda. Berat badan yang turun akan mempengaaruhi tekanan darah. Tekanan darah anda bisa lebih menurun secara perlahan. Jika berat badan anda bertambah, membuat jumlah darah yang harus dipompa juga semakin bertambah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Konsumsi makanan sehat

Untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, anda juga perlu mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain menghindarkan dari beberapa penyakit, sayuran dan buah-buahan juga mampu menstabilkan tekanan darah pada tubuh anda.

4. Beraktivitas

Dengan beraktivitas secara rutin, berat badan anda akan menurun. Tekanan darah anda juga akan ikut menurun. Apalagi dengan olehraga rutin, anda akan lebih mudah mengontrol tekanan darah anda. Biasakan olahraga selama 15 sampai 30 menit setiap harinya. Selain menyehatkan juga bisa menstabilkan tekanan darah.

5. Kendalikan stres

Untuk menstabilkan tekanan darah, anda juga harus bisa mengendalikan pikiran dan perasaan anda. Hindari stres berlebihan dan tenangkan pikiran anda. Stres dapat mengakibatkan tekanan darah anda meningkat drastis.

6. Konsultasi dokter

Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Cobalah untuk konsultasi kepada dokter. Tanyakan apa saja yang harus anda konsumsi dan harus anda jauhi. Mintalah obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan konsultasi dokter secara rutin akan mempermudah anda menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Demikianlah 6 tips mengontrol tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa berakibat fatal jika tidak di kontrol dengan baik, hal itu bisa berakibat stroke dan serangan jantung. Semoga ke enam tips diatas dapat membantu. Terimakasih.

wdcfawqafwef