5 Makanan Yang Tidak Boleh di Konsumsi Saat Hamil

Makana yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Ketika sedang hamil, seorang ibu ataupun calon ibu harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Makanan sangat berpegaruh besar terhadap kesehatan sang ibu juga si janin. Selain itu makanan juga berpengaruh pada perkembangan juga kecerdasa si janinj. Oleh sebab itu memperhatikan makanan adalah hal yang wajib bagi ibu hamil.

Bagi ibu hamil, makanan bergizi sangatlah penting. Makanan yang di konsumsi haruslah mengandung gizi yang seimbang serta memenuhi kebutuhan selama dalam masa kehamilan. Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil diantaranya adalah bayam, pisang, kacang-kacangan, apukat, pepaya dan lain sebagainya.

Makanan diatas adalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun ada juga makana yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal itu dikarenakan makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan ibu hamil beserta kesehatan janin yang dikandungnya. Berikut 5 makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.
5 Makanan Yang Tidak Boleh di Konsumsi Saat Hamil

1. Alkohol

Hal pertama yang tentu tak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah alkohol. Kita semua tahu jika alkohol tidak baik untuk kesehatan, terlebih untuk ibu hamil. Alkohol dapat menjadikan kelahiran prematur, gangguan mental pada bayi, serta berat badan bayi yang sangat rendah.

2. Telur mentah

Selama dalam masa kehamilan ibu hamil dilarang mengkonsumsi telur mentah. Hal ini dikarenakan rawan akan paparan kontaminasi salmonella. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi makanan yang menggunakan dasar telur mentah seperti mayones, es krim dan lain sebagainya.

3. Ikan dan daging mentah

Selama dalam masa kehamilan ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi ikan mentah, maupun daging mentah. Daging setengah matangpun tidak diperbolehkan. Makanan mentah atau setelah matang  memiliki resiko tinggi terkontaminasi oleh bakteri, toxoplasma dan salmonella.

4. Kafein

Bagi anda penggemar kopi, anda harus bersabar dulu, karena selama dalam masa kehamilan anda dilaranag menkonsumsi kopi, hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein. Kafein dapat menyebabkan ibu hamil keguguran. Sebagai gantinya anda disarankan untuk mengkonsumsi jus buah, susu dan air mineral.

5. Ikan dan merkuri

Merkuri dapat menyebabkan lambatnya tumbuh kembang janin dan juga merusak otak si janin. Oleh sebab itu anda diwajibkan menghindari makanan yang mengandung merkuri seperti ikan dan lain sebagainya.

Demikianlah 5 makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan selama masa kehamilan, karena makanan dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan anda juga janin yang anda kandung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef