5 Zat Berbahaya yang Ada di Makanan

Zat-zat berbahaya yang seharusnya tidak digunakan untuk makanan, sekarang sering kita jumpai telah banyak makanan yang dicampur dengan berbagai macam zat-zat berbahaya, seperti formalin, boraks, dan lain-lain. Mungkin zat itu tidak berpengaruh dalam jangka dekat. Tapi akan menimbulkan berbagai macam penyakit dalam jangka panjang.

Beberapa waktu yang lalu, telah ditemukan beberapa penjual bakso yang baksonya dicampur dengan zat berbahaya seperti formalin. Padahal formalin itu digunakan untuk mengawetkan mayat. Namun orang jaman sekarang ingin gara-gara ingin mengambil untung lebih, zat-zat berbahaya pun ikut dicampurkan dalam resep makanan yang akan dijual. Para pelaku tidak memikirkan efek nnegatif dari perbuatannya. Tapi keuntunganlah yang diincarnya. Akibat dibutakan oleh urusan harta, akhirnya berani berbuat dosa yang juga merugikan orang lain.

Zat berbahaya yang biasanya digunakan untuk pencampuran makanan memiliki bermacam-macam jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa zat berbahaya yang sering sekali ditemukan di berbagai macam makanan, terutama jajanan anak-anak.

5 Zat Berbahaya yang Ada di Makanan

1. Potassium Bromate

Zat ini merupakan zat aditif roti yang ditemukan di beberapa makanan roti, seperti roti gulung, roti kemasan, roti begal, dan lainnya. Zat ini jika dikonsumsi akan mengakibatkan penyakit gangguan ginjal, sistem saraf, gangguan pendengaran, gangguan pencernaan, dan masih banyak lagi. Bahan ini diproduksi menggunakan bahan beracun yang ditemukan pada bromin.

2. BHA dan BHT

Kedua bahan ini mengandung zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Kedua zat ini biasanya ditemukan pada makanan seperti kripik kentang dan sereal. Gunanya zat ini adalah untuk mengawetkan makanan. Karena kedua zat itu dapat menciptakan karsinogen, yaitu zat yang dapat mengubah sel normal menjadi sel kanker.

3. Azodicarbonamide

Zat ini biasa ditemukan pada makanan seperti roti, makanan beku, pasta kemasan, dan makanan lainnya. Tujuannya untuk membuat tekstur roti menjadi lembut dan putih. Zat ini bisa menimbulkan penyakit alergi dan juga asma. Zat ini hanya boleh digunakan untuk pembuatan busa plastik dan alas sepatu

4. rBGH dan rBST

Biasanya zat ini digunakan untuk meningkatkan produksi susu sapi dengan disuntikan. Jika susu itu diminum manusia akan menyebabkan penyakt seperti usus besar dan kanker otak. Bahan ini sudah banyak dilarang diberbagai negara agar terhindar dari berbagai macam resiko.

5. Brominated Vegetable Oil (minyak nabati)

Zat ini biasa ditemukan di minuman olahraga dan minuman bersoda dengan rasa buah. Jika terlalu banyak mengkonsumsi zat ini akan menyebabkan penyakit kanker, tiroid, hypoteroidisme, dan autoimun. Bahan ini telah dilarang diberbagai negara, bahkan lebih dari 100 negara melarangnya.

Demikianlah 5 zat berbahaya yang ada di makanan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef