4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Minyak kayu putih merupakan salah satu jenis minyak esensial yang dihasilkan dari proses penyulingan dan dan ranting dari pohon kayu putih. Pohon ini biasa tumbuh di daerah yang berkemau jelas seperti diindonesia timur. Batangnya berlapis dan warna putih sesuai namanya. Daunya berukuran kecil serta memiliki aroma khas.

Minyak kayu putih telah dikenal oleh banyak orang. Orang biasanya menggunakan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh baik bayi, anak kecil, sampai orang tua. Selain itu juga biasa digunakan untuk obat tradisional untuk meredakan masuk angin, perut kembung, iritasi, dan masih banyak lagi.

Selain itu semua, ada juga manfaat minyak kayu putih yang mungkin belum anda ketahui. Sebenarnya manfaat dari minyak kayu putih sangatlah banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan:

4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

1. Melegakan tenggorokan

Minyak kayu putih bisa digunakan untuk ramuan obat alami untuk melegakan tenggorokan yang serak atau sakit. Minyak kayu putih ini memiliki sifst anti-inflamasi yang dapat meluruhkan lendir pada tenggorokan, sehingga pernafasan bisa lebih lancar. Caranya, Seduh minyak kayu putih, lalu gunakan untuk berkumur. Selang beberapa saat, tenggorokan anda akan terasa lebih baik.

2. Mengatasi sinusitis

Radang sinus pada hidung memang terasa menyakitkan. Anda bisa mengatasinya menggunakan minyak kayu putih. Minyak ini bersifat anti bakteri yang bisa meredakan radang. Caranya, teteskan minyak kayu putih pada air hangat yang diwadahkan pada gelas. Setelah tercampur rata lalu hirup uapnya hingga hidung anda terasa lega.

3. Membersihkan jamur kaki

Jamur dikaki sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika anda menggunakan kaos kaki, sementara kaos kaki selalu menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga menyebabkan bertambahnya jamur. Cara mengatasi menggunakan minyak kayu putih yaitu dengan merendam kaki anda pada air hangat yang telah dicampur minyak kayu putih. Minyak kayu putih mampu membunuh bakteri pada kaki yang menjamur.

4. Sanitizer

Jika suatu saat anda kehabisan sabun, anda bisa mengganti sabun dengan minyak kayu putih untuk membersihkan tangan anda. Karena minyak kayu putih bersifat anti-bakteri yang mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit. Minyak kayu putih ini sangat efektif untuk anda mencuci tangan. Caranya hanya mencampurkan air dengan minyak kayu putih, lalu gunakan untuk mencuci tangan anda.

Demikianlah 4 manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef