7 Makanan Pencegah Osteoporosis pada Pria

Osteoporosis adalah suatu penyakit tulang yang akibat masa tulang yang rendah dan menurunnya kualitas tulang sehingga terjadi kerapuhan pada tulang. Seringkali orang mengabaikan penyakit osteoporosis ini. Mereka beranggapan bahwa penyakit ini terjadi karena faktor usia. Memang benar faktor usia juga mempengaruhi terjadinya osteoporosis. Namun, sebenarnya penyakit osteoporosis ini juga bisa menyerang pada mereka yang masih muda, yang gaya hidupnya berubah dan juga akibat mengkonsumsi obat-obatan.

Osteoporosis merupakan penyakit yang tidak menular namun berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu penyakit ini harus segera diatasi. Bukan hanya penyakit yang menular saja yang harus disebuhkan, penyakit yang tidak menular seperti osteoporosis ini juga harus disembuhkan karena bisa membahayakan tubuh orang yang terkena penyakit tersebut.

Pengobatan memang sangat penting, namun bagi anda yang masih muda dan belum terjangkit penyakit osteoporosis sebaiknya anda melakukan pencegahan dini, agar nanti ketika usia anda sudah lanjut masih bisa berdiri tegak dan kuat. Salah satu cara untuk mencegah penyakit osteoporosis adalah dengan mengatur pola makan. Pilih makanan yang terjamin kesehatannya dan yang dapat mencegah osteoporosis. Berikut 7 makanan pencegah osteoporosis pada pria:
7 Makanan Pencegah Osteoporosis pada Pria

1. Ikan

Ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan Vitamin D, B2, omega-3, fosfor, kalsium, dan mineral yang terdapat pada ikan dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kolesterol, mengurangi resiko stroke dan lainnya. Selain itu, ikan juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang kita, yakni dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan vitamin D pada ikan dapat membantu metabolisme kalsium, sehingga kepadatan tulang anda akan menjadi meningkat.

2. Kismis

Selain bermanfaat sebagai pencegah kanker, kismis juga bermanfaat bagi kesehatan tulang anda. Kandungan magnesium yang tinggi yang terdapat pada kismis dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Jika anda mengkonsumsi kismis secara teratur akan dapat meningkatkan kepadatan tulang anda,

3. Sayuran hijau

Tidak diragukan lagi manfaat dari sayur-sayuran. terutama sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin K yang dapat menjaga tulang anda agar tetap kuat untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Bila anda mengkonsumsi berbagai macam sayuran hijau dengan teratur setiap harinya, maka resiko anda terkena serangan osteoporosis akan semakin berkurang.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tuggal dan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan mangan dan fosfor yang dapat meningkatkan kepadatan tulang anda. Jika anda bisa mengkonsumsinya secara teratur, anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

5. Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, kandungan kalium yang terdapat pada pisang dapat menguatkan tulang kita jika kita mau mengkonsumsinya secara teratur. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B2, C, protein, serat, magnesium, dan masih banyak lagi. Sehingga, selain dapat mencegah osteoporosis juga dapat melacarkan peredaran darah, menjaga kesehatan mata, dan juga membantu pencernaan pada usus.

6. Buah citrus

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain-lain tidak hanya memiliki rasa yang segar, namun juga memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan tulang anda. Jika anda mengkonsumsi buah citrus akan dapat meningkatkan kepadatan tulang anda sehingga resiko terjadinya osteoporosis menjadi berkurang.

7. Kenari

Kenari mengandung banyak zinc yang sangat baik untuk kesehatan tulang, yakni dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membuat tulang menjadi semakin kuat. Jika anda mengkonsumsinya secara teratur akan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Demikianlah 7 makanan pencegah Osteoporosis pada pria. Bagi anda para kaum pria, komsumsilah ke tujuh makanan diatas agar terhindar dari osteoporosis. Semoga informasin diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef