5 Tips Atasi Susah Tidur

Susah tidur atau insomnia adalah suatu gejala kelainan dalam tidur, yaitu dimana seseorang dalam kondisi kesusahan atau kesulitan dalam tidurnya, dan itu terjadi berulang-ulang. Insomnia ini biasanya dialami oleh mereka yang sering tidur malam dan selalu menghabiskan waktu malamnya untuk begadang, akhirnya dengan keterbiasaannya mereka jadi susah untuk tidur di malam hari.

Penyebab dari insomnia itu bermacam-macam diantaranya karena adanya suatu faktor penyakit yang terdapat pada diri si penderita insomnia, pola tidurnya yang tidak teratur, pola hidup yang tidak sehat, atau juga karena masalah psikologis seperti menanggung beban permasalahan yang begitu berat dan tidak kuat akhirnya menjadi stress yang berkepanjangan. Jika seseorang sudah teerkenna gejala insomnia, biasanya akan ada perubahan pada pikiran, tingkah laku dan fisiknya, seperti kelainan emosionalnya, kelainan fisik, dan kemauan untuk mengkonsumsi obat-obatan.

Mereka yang mengalami kelainan susah tidur berterusan akan cenderung susah untuk mengendalikan emosionalnya. Untuk mengatasi gejala susah tidur, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, tips ini ampuh dan efektif jika ada kemauan dalam diri anda untuk mengatasinya. Berikut 5 tips untuk atasi susah tidur;

5 Tips Atasi Susah Tidur

1. Batasi kafein

Hal ini yang terkadang sulit untuk dihindari oleh para pria. Setelah seharian kerja dan pulang dimalam hari, menikmati secangkir kopi memang sangat menggoda. Akan tetapi jika anda memiliki masalah dengan tidur anda, sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi dimalam hari dan kurangi minum kopi disiang hari. Kopi memiliki kadar kafein yang tinggi. Jika anda sering mengkonsumsi kopi, apalagi dimalam hari, itu  hanya akan memperparah masalah jam tidur anda, anda akan semakin susah untuk memejamkan mata anda. Sebisa mungkin anda untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein.

2. Jangan bekerja sebelum tidur

Memikirkan suatu pekerjaan kantor atau tugas-tugas perkuliahan yang membuat otak anda menjadi super sibuk berputar-putar akan menghalangi anda untuk bisa tidur nyenyak. Pastikan anda menghentikan suatu pekerjaan yang membuat otak anda berputar-putar. Setidaknya anda mengistirahatkan otak 2 jam sebelum anda tidur, agar anda bisa mendapatkan kenyamanan dalam tidur anda.

3. Membiasakan rutinitas tidur yang teratur

Biasakanlah untuk tidur dan bangun pada waktunya dan pada waktu yang sama setiap harinya. Meskipun di hari libur, anda juga harus bisa membiasakan tidur pada waktu yang sama seperti hari biasanya, begitu juga disaat bangun tidur. Dengan membiasakan tidur dan bangun setiap harinya pada waktu yang sama akan membuat anda lebih mudah untuk tidur dikemudian hari. Selain itu, anda juga bisa mencari suatu kegiatan yang bisa membuat anda meraassa mengantuk. Itu akan lebih memudahkan anda tertidur.

4. Jangan merokok

Anda seorang perokok dan sangat hobi merokok? Jika anda mempunyai masalah dengan jam tidur, sebaiknya anda hentikan aktivitas merokok anda. Rokok mengandung nikotin, dan itu dapat menyebabkan jam biologis anda sang berda di paru-paru dan otak menjadi terganggu. Sehingga anda akan mengalami kesulitan dalam tidur, anda pun tidak bisa tidur dengan nyenyak karena jam tidur anda yang terganggu.

5. Konsumsi magnesium

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti kacang almond, kacang mede, bayam, serta berbagai macam makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi magnesiumnya akan dapat memprmudah anda untuk tidur dan akan bisa membuat tidur anda di malam hari menjadi nyenyak.

Demikianlah 5 tips atasi susah tidur. Semoga kelima tips tersebut dapat membantu anda dalam mengatasi masalah insomnia anda. Terimakasih.

wdcfawqafwef