5 Manfaat Tertawa yang Wajib Anda Ketahui

Tertawa merupakan respon tubuh terhadap suatu hal atau suatu peristiwa yang bersifat lucu dan tidak bisa dibuat-buat. Tertawa berbeda dengan senyuman, dengan tertawa kita bisa melepaskan semua rasa keganjalan sejenak pada diri kita yang bisa menyebabkan stres, tertawa juga mengeluarkan berbagai suara unik sesuai karakter dari setiap orang.

Setiap orang memiliki rasa humor yang berbeda-beda. Tidak semua hal, cerita, atau peristiwa yang lucu yang bisa membuat anda tertawa juga bisa membuat orang lain juga tertawa. Begitu juga sebaliknya, suatu hal yang lucu menurut mereka juga belum tentu itu lucu menurut anda. Hal itulah yang dapat membedakan selera humor dari masing-masing orang.

Tertawa dikenal sebagai obat herbal alami yang tidak terlihat yang bisa menghilangkan stres. Karena efek fisiologis dari humor dapat bermanfaat bagi mental dan jiwa setiap orang. Selain itu, tertawa juga memiliki manfaat yang mungkin selama ini anda belum menyadarinya. Perlu anda ketahui bahwa tertawa tidak hanya untuk menghilangkan stres. Berikut 5 manfaat lain dari tertawa:

1. Tertawa membuat wanita lebih muda

Sebagian dari anda mungkin berfikir bahwa tertawa itu dapat menyebabkan wajah cepat berkeriput. Sebenarnya tidak, dan faktanya pun berkebalikan. Dengan tertawa, otot-otot wajah anda menjadi lebih kuat dan kulit juga akan menjadi lebuh kencang. Selain itu, otak juga akan memproduksi lebih banyak endorfin yang bisa membuat anda merasa bahagia.

2. Menjaga bentuk tubuh

Anda perlu tahu, bahwa bukan hanya olah raga saja yang bisa menjaga bentuk tubuh agar tetap atletis. Pada saat anda tertawa, otot leher, perut, diafragma, bahu, paru-paru, dan yang lainnya juga akan ikut bergerak dan terlatih, sehingga anda bisa bernafas lebih dalam dan panjang, serta dengan terlatihnya otot-otot anda akan bisa menjaga bentuk tubuh anda untuk tetap atletis.

3. Tertawa bisa menghilangkan depresi dan meningkatkan mood

Seperti yang dijelaskan diatas, tertawa bisa menghilangkan stres dan depresi, serta akan meningkatkan mood anda. Selama tertawa, otot-otot wajahhh anda akan mengirim impuls yang khusus untuk sistem syaraf otak yang digunakan sebagai pelepas senyawa anti-depresi. Perlu anda ingat, ketika anda sedang bad mood, obat yang efektif dan alami adalah tertawa.

4. Meredakan rasa sakit

Tertawa juga bisa meredakan rasa sakit,baik sakit secara fisik maupun hati. Meskipun tidak bisa menyembuhkan penyakit kronis atau parah, setidaknya dengan tertawa bisa membuat badan anda menjadi rileks dan bisa bangkit kembali. Karena tertawa bisa memicu produksi endorfin yang bisa membuat tubuh anda rileks kembali.

5. Menguatkan sistem imun

Tubuh bisa terjaga kesehatannya karena didukung oleh sistem imun tubuh yang kuat yang bisa melawan penyakit. Salah satu cara untuk menguatkan sistem imun dalam tubuh anda salah satunya adalah dengan tertawa. Dengan tertawa, tubuh anda akan bisa meningkatkan immunoglobulin A yang dapat melindungi tubuh anda dari berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Demikianlah 5 manfaat tertawa yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef