5 Hal yang Selalu Ada saat 17 Agustus

17 Agustus merupakan salah satu hari penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal inilah para pejuang pahlawan berhasil merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Oleh sebab itu tanggal 17 ditetapkan sebagai hari kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Tanggal 17 Agustus sering disambut meriah oleh para warga Indonesia yang bahkan bukan pelaku sejarah kemerdekaan. Salah satunya yaitu memeriahkanya dengan mengadakan perlombaan seperti saimbara. Hal itu bertujuan untuk mengenang betapa sulitnya para pahlawan saat akan merebut kemerdekaan demi bangsa Indonesia.

Hari ini, bertepatan tanggal 17 Agustus. Hari dimana para pahlawan berhasil meraih kemenangan dalam sebuah peperangan hidup mati melawan para penjajah. Di tanggal 17 ini pasti ada suatu hal atau tradisi yang selalu ada dan tidak akan pernah ditinggalkan. Beberapa diantara kalian pasti ada yang tau apa saja hala yang selalu ada saat 17 Agustus. Berikut ulasannya:
5 Hal yang Selalu Ada saat 17 Agustus

> Upacara Bendera

Upacara bendera merupakan hal yang lumrah, dan bahkan diwajibkan bagi setiap negara ketika memperingati hari kemerdekaan. Begitu juga negara Indonesia, setiap jatuhnya tanggal 17 Agustus pasti ada yang namanya upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan. Tidak hanya sekolah dan institusi pemerintah saja, hampir setiap kantor swasta mengadakan upacara hari kemerdekaan. Yang paling menarik dan menjadi tontonan para warga yaitu upacara bendera kenegaraan di Istana Merdeka. Tidak hanya jalannya upacara, tapi juga penampilan dari setiap paskibraka yang bertugas.

> Pedagang bendera di pinggir jalan

Seminggu sebelum perayaan hari kemerdekaan 17 agustus, bendera dan umbul-umbul merah putih bertebaran dimana-mana. Di kampung, gedung-gedung pemerintah, serta di pinggir jalan terdapat banyak bendera dan umbul-umbul merah putih. Yang paling banyak adalah pedagang bendera di pinggir jalan yang mendadak ramai. Karena warga tidak mau ketinggalan memanfaatkan hari kemerdekaan ini untuk meraih banyak keuntungan dengan berjualan bendera.

> Lomba-lomba

Beberapa hari menjelang hari kemerdekaan. Sekolah-sekolah dan warga kampung sudah mengadakan perlombaan. Biasanya yang di lombakan adalah perlombaan tradisional seperti panjat pinang, balap karung, dan memasukkan pensil kedalam botol. Mungkin nilai hadiah itu tidak seberapa. Tapi nilai kebersamaanlah yang di cari. Karena dengan adanya perlombaan tersebut bisa mempersatukan warga sekampung.

> Karnaval

Peringatan hari kemerdekaan kurang lengkap tanpa adanya karnaval yang meriah. Setiap kampung dan sekolahan biasanya mengadakan karnnaval sendiri dengan arak-arakan anak-anak dan pemuda yang berpakaian ala para pahlawan serta pakaian-pakaian daerah. Akan tetapi, karnaval yang paling dinanti-nanti oleh para warga adalah perayaan karnaval meriah yang diadakan oleh pemerintah. Selain sebagai tontonan warga, juga sebagai hibura tersendiri bagi setiap warga.

> Selamatan kampung

Selamatan kampung juga tidak ketinggalan untuk menandakan kemeriahan hari kemerdekaan. Atas inisiatif dan kerjasamanya, warga menyiapkan berbagai makanan dan berkumpul di sebuah halaman. Biasanya nasi tumpeng menjadi makanan sajian utama pada selamatan menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus tersebut.

wdcfawqafwef