Pohon Berusia 1400 Tahun Ini Sempat Menjadi Saksi Kebesaran Rosullullah SAW

Pohon ini adalah pohon yang diberkati karena bisa bertahan hidup selama 1400 tahun di tengah ganasnya gurun di Yordania. Pohon ini terletak di utara padang pasir di Yordania. Di radius ratusan kilo meter tidak ada pohon lain selain pohon ini. Pohon ini dipercaya sebagai tempat peremuan Nabi Muhammad Saw dengan biarawan kristen bernama bahira.

Dari 3 manuskrip kuno yang ditulis oleh Ibn Hisyam, Ibn Sa'd al ba-baghdadi dan Muhammad Ibnu Jarir al-tabari menceritakan tentang kisah Bahira yang bertemu dengan anak kecil berusia 9 atau 12 tahun yaitu calon nabi dan Rosuk terakhir bersama dengan pamannya  Abu Tholib dalam perjalan menuju Suriah untuk berdagang. Saat itu bahira bertemu dengan khafilah dagang asal arab dan mengajaknya untuk beristirahat. Bahira telah berfirasat bakal bertemu dengan Nabi terahir. Setelah di teliti dan diperhatikan satu-persatu, bahira tidak menemukan orang yang mempunyai keistimewaan atau tanda kenabian. Ternyata ada rombongan yang tidak ikut istirahat dengan bahira, ya itulah Muhammad kecil yang menjaga unta-unta di bawah pohon. Bahira terkejut karena ranting-ranting pohon tertunduk seperti melindungi bocah tersebut, kemudian Bahira menyuruh bocah tersebut untuk ikut berteduh dan beristirahat. Dia semakin tercengang ketika melihat muhammad kecil berjalan pergi dengan dilindungi awan diatasnya.

Dari sanalah Bahira yakin kalau bocah tersebut adalah calon nabi yang terakhir, lantas Bahiira berpesan kepada paman Rosulullah untuk menjaga anak kecil tersebut karena, anak tersebut bakal membawa berkah bagi semua umat manusia, namun tak jarang pula ada beberapa orang yang ingin mencelakainya.

Pohon Berusia 1400 Tahun Ini Sempat Menjadi Saksi Kebesaran Rosullullah SAW
Pohon Berusia 1400 Tahun Ini Sempat Menjadi Saksi Kebesaran Rosullullah SAW

1400 tahun telah berlalu, pohon tersebut masih berdiri tegak ditengah ganasnya gurun dan satu-satunya pohon yang hidup di sana. Pohon tersebut ditemukan tidak sengaja oleh pangeran Gazi bin Muhammad. Para ahli dan cendikiawanpun meneliti area tersebut, berdasarkan penelitan memang benar pohon tua tersebut adalah pohon yang disebutkan dalam catatan Bahira. Sekarang pohon tersebut di lestarikan pemerintah dengan memasang pagar untuk melindunginya dan selalu dipantau setiap saat

wdcfawqafwef