5 Gangguan Mental Yang Wajib Diketahui Orang Tua

Gangguan Mental Yang Wajib Diketahui Orang Tua - Siapa saja bisa mengalami gangguan kesehatan mental, termasuk pada anak-anak dan balita. Gangguan kesehatan mental yang terjadi pada anak bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia dan perkembangan anak, namun ada juga beberapa kasus yang diderita pada orang dewasa.

Gangguan mental yang terjadi pada anak gejalanya bisa bervariasi, tergantung pada pada jenis penyakit mentalnya. Namun ada beberapa jenis gejala umum yang terkadang menyertainya, seperti perubahan kinerja di sekolahnya, penyalahgunaan obat serta alkohol dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa gangguan mental yang wajib diketahui orang tua terhadap anaknya. Sebagai orang tua harus mengetahui beberapa hal di bawah ini, agar lebih jelasnya langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami ini, semoga bermanfaat. Berikut 5 Gangguan mental yang wajib diketahui orang tua.
5 Gangguan Mental Yang Wajib Diketahui Orang Tua
Gangguan Mental Yang Wajib Diketahui Orang Tua

1. Gangguan spektrum autisme (ASD)

Gangguan spektrum autisme merupakan suatu gangguan yang serius yang muncul pada anak-anak usia dini, biasanya sebelum usia 3 tahun, meskipun gejalanya bervariasi, ASD sering mempengaruhi kemampuan anak untuk berkomunikasi serta berinteraksi dengan orang lain.

2. Gangguan makan seperti anoreksia nervosa

Gangguan makan bisa menjadi suatu masalah yang serius yang bisa mengancam jiwa, anak-anak bisa menjadi sibuk hanya untuk memikirkan makanan serta berat badan, sehingga bisa menghilangkan fokus pada ha-hal yang lain.

3. Attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD)

Kondisi ini umumnya meliputi beberapa gejala, dalam hal ini telah dibagi menjadi tiga kategori, yaitu gejala hiperaktif, perilaku impulsif dan kesulitan memutuskan perhatian. Beberapa anak dengan ADHD mempunyai banyak gejala disemua kategori ini.

4.Gangguan mood

Gangguan bipolar serta depresi bisa menyebabkan anak mempunyai sedih terus-menerus atau suasana hati yan berubah secara cepat. Tidak jarang jika kondisi seperti ini terkadang lebih berat jika daripada gangguan yang terjadi pada orang tau.

5. Skizofrenia

Skizofrenia termasuk penyakit kronis yang bisa menyebabkan bisa kehilangan kemampuan untuk mengetahui kondisi nyata atau memahami realitas yang ada. Skizofrenia umumnya muncul diakhir usia remaja, yaitu antara usia 17 tahun sampai 20 tahuan.

Demikianlah informasi tentang 5 Gangguan Mental Yang Wajib Diketahui Orang Tua. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef