5 Tanaman Liar Yang Menjadi Obat Mujarab

Tanaman Liar Yang Menjadi Obat Mujarab - Banyak orang yang mengabaikan tanaman-tanaman yang tumbuh liar dipinggir sungai dan pinggir-pinggir jalanan, kadang ada yang menganggap sebagai tanaman liar atau ada juga yang menganggap sebagai tanaman pengganggu yang tidak bermanfaat.

Kalau kita lebih jeli dan berusaha meneliti serta menggali dari manfaat tanaman-tanaman tersebut maka kita akan mendapatkan berbagai macam manfaatnya, diantara jenis tanaman liar tersebut seperti alang-alang, benalu, bakau dan lainnya.

Tanaman liar tersebut banyak terkandung manfaat yang mungkin belum banyak diketahui orang. Pada kesempatan kali ini akan kami kupas beberapa tanaman liar yang bisa berkhasiat sebagai obat mujarab, seperti bisa menurunkan panas, melangsingkan badan, antiseptik dan lain sebagainya. Agar lebih jelasnya langsung saja anda simak artikel dari kami ini. Berikut 5 Tanaman liar yang menjadi obat mujarab.

1. Alang-alang

5 Tanaman Liar Yang Menjadi Obat Mujarab
alang-alang
Tanaman ini biasanya banyak tumbuh di lahan-lahan kosong. Alang-alang yang biasanya dianggap tanaman liar yang tidak berguna ini ternyata terkandung manfaat bisa sebagai obat yang mujarab. Dalam akar alang-alang terkandung fernenol, silindrin, arundonin, simiarenol, kampesterol, katerol serta sejumlah kalsium lainnya.

Dari sejumlah kandungan bahan kimia alami tersebut tanaman alang-alang banyak tersimpan berbagai macam khasiat yang mujarab seperti penurun panas, penenang saraf, diuretik dan sebagainya. Selain itu alang-alang juga bisa berkhasiat sebagai peluruh air seni, mengatasi panas dalam dan juga demam.

2. Benalu

5 Tanaman Liar Yang Menjadi Obat Mujarab
benalu

Tanaman yang biasa dikenal sebagai parasit yang menempel pada dahan pohon ini ternyata tersimpan banyak manfaatnya. Tanaman ini bisa tumbuh tanpa memerlukan tanah, hanya menempel pada pohon lainnya, bahkan bisa menyerap mineral yang ada pada pohon tersebut, makanya tanaman ini disebut dengan tanaman parasit.

Banalu yang menempel pada tanaman-tanaman tertentu seperti teh bisa berkhasiat sebagai obat antikanker, sedangkan yang menempel pada tanaman jeruk bisa berkhasiat sebagai obat amandel. Bagian benalu yang bisa dijadikan obat yaitu bagian batangnya.

3. Bakau

5 Tanaman Liar Yang Menjadi Obat Mujarab
bakau

Tanaman bakau selain sebagai tanaman yang bisa menahan erosi ternyata juga terkandung beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang, diantara manfaatnya yaitu bisa berkhasiat sebagai obat disentri, menghentikan pendarahan, antiseptik, melangsingkan badan dan lain sebagainya. Bagian yang bisa dijadikan obat dalam tanaman bakau ini yaitu bagian kulit dan daunnya.

4. Bakung putih

5 Tanaman Liar Yang Menjadi Obat Mujarab
bakung putih

Tanaman ini berbatang basah namun cukup kokoh. Tingginya bisa mencapai 1,5 meter, biasanya tumbuh liar dihutan belantara, tanaman ini juga kadang dijadikan sebagai tanaman hias. Bagian yang digunakan dalam tanaman ini yaitu bagian akar, biji, daun dan ubi lapis. Bunga dalam tanaman ini mengandung licorine, sedangkan akarnya bersifat antiracun dan daunnya bersifat diuretik.

5. Beluntas

5 Tanaman Liar Yang Menjadi Obat Mujarab
beluntas

Tanaman ini bisa bertumbuh tegak mencampai 2 meter, mempunyai banyak cabang, rusuknya halus dan daunnya mempunyai bulu yang lebat. Tanaman beluntas ini bisa berkhasiat sebagai obat, tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid, sedangkan akarnya mengandung fraksi metanol.
Daun tanaman ini bisa berkhasiat menurunkan panas, menyembuhkan radang dan bisa bersifat antiluka.

Selain itu juga berkhasiat menambah nafsu makan, menghilangkan bau badan, mengatasi sakit pinggang, mengatasi sakit perut dan lain sebagainya. Sedangkan batang dan air rebusannya bisa berkhasiat meredakan asma dan gangguan paru-paru, tidak cuma itu tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai stimulan dan aromaterapi, serta bisa menguatkan sistem saraf apabila sebagai campuran berendam dengan air hangat.

Demikianlah 5 tanaman liar yang dapat menjadi obat mujarab. Jangan pernah sepelekan tanaman liar. Biarpun tumbuh liar, tanaman tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef