3 Cara Mudah Berhenti dari Kecanduan Kopi

Cara mudah berhenti dari kecanduan kopi. Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari oleh para remaja khususnya pria. Apalagi remaja yang suga begadang hingga pagi, pasti tidak ketinggalan dengan minuman yang satu ini.

Minuman yang memiliki genus coffea merupakan hasil seduhan dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Rasanya yang enak dan menarik ini membuat banyak orang menyukainya. Selain rasanya, kopi juga ternyata mampu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes, kanker, empedu, dan juga serangan jantung.

Namun tahukah anda apa efek yang akan didapat jika anda kecanduan dan berlebihan mengkonsumsi kopi? Kopi memang bermanfaat, namun juga akan merugikan jika dikonsumsi berlebihan. Kopi kaya akan kafein yang juga akan merugikan jika terlalu banyak dikonsumsi. Lalu bagaimana cara mencegah agar anda berhenti dari kecanduan kopi? Berikut ini simak langkah-langkahnya:

1. Minum lebih banyak air

Air putih memiliki kandungan alami yang merupakan sumber kehidupan bagi makhluk. Daripada menjadikan kopi sebagai minuman sehari-hari, lebih baik memperbanyak minum air putih atau air mineral. Kekurangan cairan dapat membuat tubuh anda menjadi dehidrasi yang dapat memicu sakit kepala. Hal ini terjadi karena darah menjadi kental sehingga tekanan darah ke otak menjadi tinggi. Untuk aturan minum air putih tidak dijelaskan secara pasti berapa takaran yang harus diminum. Ini tergantung usia, berat badan, dan juga cuaca saat itu. Perbanyaklah minum air putih untuk menghindari efek samping dari kopi dan menghindari anda agar tidak kecanduan kopi.

2. Lupakan kopi

Kopi memang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, namun juga memiliki efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Kopi mampu membuat kepala anda menjadi pusing dan sakit kepala masif. Batasi minum kopi anda tiap harinya secara bertahap agar bisa lebih mudah. Batasi hingga 2 cangkir dalam sehari, atau lebih baik kurang dari 2 cangkir. Karena jika anda berlebihan dalam mengkonsumsi kopi, anda akan merasakan sakit kepala yang mencengkam. Mungkin anda minum kopi dipagi hari tidak terasa, karena bisa saja anda akan merasakannya disiang hari.

3. Perbanyak sayuran hijau dan kacang-kacangan

Sayuran hijau dan kacang-kacangan banyak mengandung magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengatasi migran. Biasanya magnesium ditemukan pada makanan seperti bayam, almon, cashews, dan kacang brazil. Makanan itu mengandung 70 mg mineral per sajian. Sangan cocok bagi anda yang sering minum kopi. Secara perlahan akan dapat mencegah anda dari kecanduan kopi. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen magnesium glucinate atau magnesium oksida. Sakit kepala akibat kopi akan bisa berkurang dalam dua minggu.

Demikianlah cara mudah berhenti dari kecanduan kopi. Kopi memang memiliki banyak manfaat, namun bila berlebih atau kecanduan juga akan berd ampak buruk pada kesehatan. Semoga tips diatas membantu anda dalam mengatasi kecanduan kopi.

wdcfawqafwef