Tips Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Tips merawat rambut agar tidak mudah rontok. Siapa yang ingin memiliki rambut berantakan, tidak sehat, dan mudah rontok? Tentu tidak ada. Semua orang pasti menginginkan rambut yang sehat, rapi, kuat, dan indah, terutama bagi para wanita.

Untuk membuat rambut menjadi sehat dan tidak mudah rontok, banyak cara yang dilkukannya hingga gonta-ganti produk perawatan rambut. Namun apa yang didapatnya? Tidak sedikit yang hanya mendapatkan rambutnya tambah rusak dan mudah rontok. Karena perawatan yang mereka lakukan mungkin menggunakan produk yang tidak cocok dengan rambutnya. Alhasil rambutnya berantakan.

Anda juga bisa menggunakan beberapa tips mudah. Anda bisa mencobanya sendiri dengan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini kumpulan tips merawat rambut agar tidak mudah rontok dan tetap sehat:
Tips Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

1. Pengaplikasian Conditioner

Ketika anda menggunakan conditioner, aplikasikan pada ujung dan batang rambut saja. Karena memang dibagian itulah yang sangat membutuhkan conditioner, bukan dibagian kulit kepala. Cukup usapkan pada ujung dan batang dan gunakan secara rutin.

2. Masker rambut

Untuk masker rambut, gunakanlah masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami secara lansung tanpa campuran bahan kimia. Anda bisa menggunakan buah-buahan sebagai bahan makser rambut. Atau anda bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun, madu, minyak esensial dan bahan lainnya.

3. Jangan menyisir buru-buru

Ketika anda menyisir rambut, biasakan untuk tidak menyisir terburu-buru. Sisir rambut anda secara perlahan dan gunakan jemari anda untuk merapikan atau meluruskan rambut yang kusut. Menyisir rambut dengan terburu-buru dapat membuat rambut rusak dan mudah rontok.

4. Penggunaan pengering rambut

Penggunaan hair dryer dengan suhu yang terlalu panas dapat membuat rambut anda rusak. Dan juga gunakan hari dryer dari jarak yang agak jauh, jangan gunakan hair dryer terlalu dekat. Itu juga bisa membuat rambut anda rusak. Suhu panas yang berlebihan dari hair dryer dapat membuat rambut semakin lemah dan mudah patah.

5. Sisir sebelum keramas

Ketika anda ingin keramas, usahakan untuk menyisir rambut anda terlebih dahulu. Hal ini memudahkan anda untuk merapikan rambut saat dikeramas. Juga ketika ramut anda basah dan diberi conditioner. Menyisir disaat seperti itu dapat membuat rambut anda tidak mudah kusut serta kuat.

6. Ikatan rambut

Ketika anda tidur, lepas ikatan rambut anda, kemudian ketika anda berkeringat usahakan untuk tidak mengikat rambut anda, dan juga jangan mengikat rambut terlalu kencang dan kuat. Hal itu akan membuat rambut menjadi kaku serta mudah patah.

7. Pakai serum rambut

Anda sering memakai catok rambut? Anda bisa memakai serum rambut khusus yang diformulasikan sebagai pelindung panas, termasuk hairdryer dan catok. Perlindungan rambut dengan serum dapat membuat rambut anda tetap terjaga dari polusi serta gangguan lainnya yang bisa membuat rambut mudah kusut serta rontok.
 
Demikianlah tips merawat rambut agar tidak mudah rontok. Rambut adalah mahkota sekaligus aset berharga yang harus kita jaga. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef