8 Cara Cepat dan Mudah Mendeteksi Serangan Jantung

Cara cepat dan mudah mendeteksi serangan jantung. Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Tanpa jantung, darah pun tidak akan bisa dipompa. Sebab itulah jantung harus selalu senantiasa dijaga kesehatannya, jika terjadi sedikit masalah pada jantung pun jangan disepelekan. Karena itu dapat berakibat fatal.

Serangan penyakit jantung merupakan salah satu serangan penyakit yang dianggap sangat mematikan. Karena dalam waktu yang tidak lama, jika tidak segera ditangani akan berakibat fatal dan bahkan bisa menjadi penyebab nyawa seseorang melayang. Melakukan perawatan sejak dini dan menghindarkan dampak buruk serangan jantung merupakan langkah awal menjaga kesehatan jantung.

Agar anda bisa menjaga kesehatan jantung dan bisa menangani secepatnya bila ada masalah pada jantung, tentu anda harus mengetahui tanda-tanda atau gejala jika jantung terjadi masalah. Anda perlu mencari cara cepat dan mudah untuk mengetahui setiap masalah yang terjadi pada jantung. Karena dengan cara cepat, anda juga bisa lebih cepat melakukan penanganan. Berikut ini delapan cara cepat dan mudah untuk mendeteksi serangan jantung:

8 Cara Cepat dan Mudah Mendeteksi Serangan Jantung

1. Nyeri dada

Nyeri dada adalah salah satu pertanda awal jantung anda bermasalah. Secara tiba-tiba anda merasakan dada anda terasa nyeri, namun itu hanya berlangsung sebentar. Tak selang waktu lama nyeri itu datang lagi. Jika anda merasakan hal semacam itu, anda perlu waspada dan segera untuk konsultasi dokter.

2. Detak jantung yang tidak teratur

Perhatikan detak jantung anda, ketika anda menghadapi suatu masalah baik itu bahagia ataupun seding, detak jantung anda berubah dan tidak beraturan. Namun, saat keadaan tubuh normal dan suasana juga normal, detak jantung anda tetap tidak teratur, itu mungkin bisa jadi gejala awal jantung anda bermasalah.

3. Batuk terus menerus

Batuk merupakan suatu gejala yang umum dengan berbagai penyakit. Namun lihat, ketika anda batuk berdahak dan mengeluarkan lendir yang berwarna merah muda, kemungkinan sebab trombosit dalam tubuh. Dan ini menjadi salah satu tanda jantung anda sedang bermasalah. Segeralah untuk periksakan ke dokter agar tahu kondisi jantung anda lebih jelas.

4. Sakit daerah lengan

Jika di awal anda merasakan nyeri di dada, anda juga perlu memperhatikan lengan anda, apakah pernah merasakan sakit nyeri yang aneh didaerah lengan? Biasanya yang sering terasa nyeri adalah lengan bagian kiri dan kemudian meluas menuju daerah dada. Ini merupakan salah satu tanda jantung anda perlu diperiksakan.

5. Pembengkakan kaki

Menurunnya fungsi jantung pada tubuh membuat ginjal sulit untuk menghapus natrium dan air dalam tubuh yang berlebih, sehingga kaki anda akan menjadi membengkak. Bukan hanya kaki, tanganpun juga akan membengkak ketika jantung tidak bisa berfungsi secara efektif.

6. Pusing

Anda pernah merasakan pusing yang aneh dari biasanya? Mungkin pusing bisa disebabkan karena banyak hal, bisa karena kurang tidur, kurangnya asupan gizi, atau karena hal lainnya. Namun, jika anda merasakan pusing yang aneh dan disertai sakit atau tidak nyaman di dada, kemungkinan itu merupakan salah satu tanda jantung anda dalam masalah.

7. Mudah berkeringat

Keringat memang hal yang wajar, dan keluarnya keringat pun tanda bila anda itu sehat. Namun jika keringat itu keluarnya tidak teratur dan berlebihan, sebaiknya anda periksakan ke dokter. Karena bisa jadi gejala itu merupakan gejala dari penyakit jantung yang menyerang.

8. Mendengkur

Mendengkur biasanya umum terjadi jika kita kecapean. Namun jika anda selalu mendengkur setiap tidur dan nafas anda terengah-engah, anda perlu waspada, mungkin saja itu merupakan gejala jantung di tingkatan sleep apnea, yaitu resiko tinggi anda akan terkena serangan jantung. Segeralah untuk periksa ke dokter. 

Demikianlah 8 cara mudah mendetekti serangan jantung dengan cepat. Serangan jantung adalah penyakit mematikan, sangat penting untuk mendeteksinya sedini mungkin. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef