6 Manfaat Luar Biasa Dibalik Segarnya Jambu Air

Jambu air adalah tanaman yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman buah ini sangat sering kita jumpai di halaman rumah. Apalagi di saat musim buah ini berlangsung, buah jambu air sangat mudah sekali kita jumpai. Bahkan tak sedikit orang yang menanam tanaman buah ini. Karena rasanya yang manis dan asam menyegarkan yang ditambah dengan kandungan air yang melimpah didalamnya membuat banyak orang menyukai jambu air.

Selain rasanya yang enak, jambu air juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jambu air kaya akan vitamin A, vitamin C, serat makanan, kalsium, niacin, thiamin, besi, dan kalium. Senyawa-senyawa organik didalamnya mengandung jambosine, asam betulinic, dan lakton friedel. Senyawa tersebut sangat berguna dan membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat dari buah jambu air itu sendiri jika kita rincikan sangatlah banyak. Dan manfaatnya pun sangat berasa bagi tubuh kita. Sebagian dari kalian pasti ada yang sudah tau manfaat dari jambu air. Berikut penjelasan beberapa manfaat dari jambu air yang menyehatkan tubuh: 
6 Manfaat Luar Biasa Dibalik Segarnya Jambu Air

Pencegahan kanker

Kandungan senyawa-senyawa organik aktif serta vitamin C dan vitamin A yanng terdapat di dalam jambu air sangat efektif dalam membantu proses pencegahan kanker. Bahkan para peneliti menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah jambu air dapat menurunkan resiko terjadinya kanker dan prostat.

Kesehatan jantung

Kombinasi antara serat dan nutrisi yang ada dalam buah jambu air ini sangat efektif mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, yang mengarah pada penurunan resiko anterosklerosis. Sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung koroner.

Mengontrol diabetes

Didalam jambu air terdapat jenis alkaloid yang ditemukan yang bernama jambosine.Senyawa ini dapat membantu menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Hal ini sangat penting bagi orang yang menderita diabetes dan yang beresiko untuk mengembangkan diabetes. Untuk mengetahui dampak jambosine, penelitian sedang di lakuka oleh para ahli.

Sistem kekebalan tubuh

Buah jambu air ini dapat dikatakan memiliki efek antimikroba dan anti-jamur. Para ahli telah meneliti dan menunjukkan bahwa kandungan nutrisi yang ada dalam buah ini dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baik untuk pencernaan

Jambu air ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang sangat baik untuk saluran pencernaan anda. Selain itu, buah ini juga dapat mengatasi sembelit. Dalam pengobatan tradisional, jambu air ini sering di ambil bijinya untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti diare dan disentri.

Toksisitas

Sifat diuretik yang dimiliki oleh jambu air ini dapat dengan mudah membantu membersihkan hati dan ginjal anda. Hal itu secara tidak langsug dapat meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh. Sehingga tubuh anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikianlah 6 manfaat luar biasa dibalik segarnya jambu air. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimaksih

wdcfawqafwef