5 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Dalam masa pertumbuhan, anak membutuhkan berbagai nutrisi penting agar dapat tumbuh secara maksimal. Kekurangan nutrisi, vitamin, mineral dalam masa pertumbuhan dapat menjadi masalah kesehatan, baik kesehatan fisik, mental maupun kesehatan otak. Oleh sebab itu sebagai orang tua anda harus bisa memberika nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan buah hati anda.

Untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi penting anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Anda bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi penting untuk buah hati anda dari makanan-makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Mungkin ada beberapa orang tua yang kurang paham akan nutrrisi yang dibutuhkan oleh sang anak. Nahh untuk menambah pengetahuan para orang tua, Berikut kami berikan informasi tentang 5 nutrisi penting untuk pertumbuhan sang anak.
5 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

1. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan anak ketika masih dalam masa pertumbuhan. Kalsium sangat penting mengembankan massa tulang, yang hampir semuanya di bangun ketika masa anak-anak atau remaja. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan anak tidak maksimal dan bisa menyebabkan osteoporosis atau tulang keropos. Oleh sebab itu kalsium sangat penting untuk anda berikan kepada putra-putri anda. Anda bisa mendapatkan kalsium dari susu.

2. Zat besi

Setelah kalsium, zat besilah yang paling di butuhkan oleh anak-anak. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen keseluruh tubuh dan juga berperan penting dalam perkembangan otak. Kekurangan zat besi dapat menjadi masalah bagi sang anak seperti masalah belajar dan masalah prilaku. Anda bisa menemukan zat besi pada daging ayam, sapi, udang, buncis, roti gandum dan lain sebagainya.

3. Serat

Serat sangat dibutuhak oleh anak-anak untu kesehatan pencernaan. Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasapun sangat butuh serat. Makanan yang banyak mengandung serat juga dapat melindungi akan dari penyakit-penyakit kronis dikemudian hari. Anda bisa mendapatkan serat dari kacang-kacangan, buncis, buah, ubi jalar, oatmeal, dan lain sebagainya.

4. Vitamin E 

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan penyebab dari berbagai penyakit termasuk penyakit kanker. Anda bisa mendapatkan vitamin E pada buah alpukat, kacang, gandum, bayam dan lain sebagainya.

5. Kalium

Nutrisi yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak yang terahir adalah kalium. Kalium bertugas menjaga keseimbangan cairan tubuh dan tekanan darah, serta membantu otot untuk berkontraksi. Sumber kalium terbaik ada pada pisang, jeruk, melon, susu, tomat dan lain sebagainya.

Demikianlah 5 nutrisi penting untuk pertumbuhan anak. Sebagai orang tua anda harus bisa menyediakan kelima nutrisi tersebut agar anak tidak mengalami masalah dalam pertumbuhan dan kesehatan di kemudian hari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef