Etika Sholat Id Yang Harus Diajarkan Kepada Anak

Etika Sholat Id Yang Harus Diajarkan Kepada Anak - Alhamdullah hari ini merupakan hari terakhir kita menjalankan ibadah puasa, dan besuk merupakan hari kemenangan dimana semua umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya idul fitri. Untuk merayakan hari raya idul fitri tentunya kita semua akan menjalankan ibadah sholat id berjamaah dimasjid.

Ibadah Sholat id sendiri merupakan ibadah yang sakral bagi umat muslim. Hal inilah yang membuat para orang tua patut menjelaskan dan mengajarkan tentang ibadah sholat id kepada anak mereka. Dengan adanya pemahaman dari orang tua, anak akan mengerti dan dapat mengerjakan sholat id dengan baik dan tertib. Nah berikut beberapa etika sholat id yang wajib anda ajarkan kepada anak anda.
Etika Sholat Id Yang Harus Diajarkan Kepada Anak
Etika Sholat Id Yang Harus Diajarkan Kepada Anak

1. Menggemakan takbir

Nah untuk menambah kemeriahan serta semangat merayakan hari raya idul fitri, kita semua disunahkan untuk menggemakan takbir. Begitu juga ketika menjelang sholat id, kita semua termasuk anak-anak untuk menggemakan takbir bersama-sama di masjid. Hal ini juga untuk mencegah anak-anak pada gaduh atau hyper saat sholat id.

2. Diam ketika imam menjelaskan shaf

Ketika sholat id akan dimulai, imam akan menjelaskan shaf yaitu barisan dalam sholat. Hal ini harus diperhatikan agar sholat bisa rapi, rapat dan nyaman. Untuk itu sebagai orang tua anda harus mengajarkan anak untuk mendengarkan imbauan imam tersebut.

3. Diam dan mendengarkan khutbah

Sholat id hampir sama dengan sholat jum'at, hanya saja khutbah pada sholat id dilakukan setelah sholat selesai dilakukan. Nah ketika imam melakukan khutbah, kita semua di anjurkan untuk tetap diam ditempat dan mendengarkan khutbah dengan tenang. Bahkan jika memang anda terpaksa harus bangun untuk pergi, diharuskan untuk pelan-pelan agar tak mengganggu jamaah lainnya. Hal ini juga wajib untuk anda ajarkan kepada anak anda.

Demikianlah informasi tentang Etika Sholat Id Yang Harus Diajarkan Kepada Anak. Sholat id merupakan ibadah sakral bagi umat muslim didunia. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef