7 Makanan Yang Harus Anda Hindari Agar Perut Tak Bermasalah Selama Berpuasa

Makanan Yang Harus Anda Hindari Agar Perut Tak Bermasalah Selama Berpuasa - Bulan suci Ramadhan adalah dimana umat muslim di seluruh dunia menjalankan kewajiaban ibadah puasa selama sebulan penuh. Selama itu juga kesehatan tubuh juga harus selalu dijaga agar tidak sampai mengganggu segala aktifitas yang harus tetap dikerjakan selama bulan Ramadhan.

Diantara cara untuk menjaga kesehatan tubuh dibulan suci Ramadhan yaitu dengan cara mengontrol asupan makanan saat berbuka dan sahur. Selain itu anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang bisa membuat perut bermasalah disaat menjalankan ibadah puasa.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa makanan yang harus anda hindari agar perut tidak bermasalah selama berpuasa. Untuk lebih jelasnya langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa bermanfaat. Berikut 7 Makanan yang harus anda hindari agar perut tak bermasalah selama berpuasa.
7 Makanan Yang Harus Anda Hindari Agar Perut Tak Bermasalah Selama Berpuasa
Makanan Yang Harus Anda Hindari Agar Perut Tak Bermasalah Selama Berpuasa

1. Gorengan

Sebagian besar orang sangat gemar dan senang untuk mengkonsumsi aneka macam goreng-gorengan. Meskipun tak menimbulkan masalah dan keluhan pada perut, namun sebagian kecil ada orang yang sensitif terhadap gorengan yang akan menimbulkan masalah pada perut. Jika anda demikian, sebaiknya hindari konsumsi gorengan selama puasa.

2. Makanan pedas

Makan makanan pedas dikenal menjadi penyebab sembelit pada perut. Jika anda penggemar makanan bercita rasa pedas, sebaiknya kurangi tingkat kepedasannya karena makanan pedas akan menimbulkan masalah pada perut, baik itu mulas, diare ataupun susah buang air besar.

3. Makanan asam

Lambung kita akan menjadi asam saat berpuasa, jangan anda malah menambah-nambahi dengan makan makanan yang asam seperti jeruk, lemon, tomat serta makanan lainnya yang bercita rasa asam. Karena itu akan menyebabkan sakit perut anda menjadi tambah parah, selain itu sebaiknya hindari minuman berkarbonasi dan bersoda. 

4. Susu dan produk olahannya

Susu mengandung gula laktosa yang sulit dicerna dalam tubuh, sebaiknya hindari minum susu saat berpuasa karena jika usus anda sedang tidak sehat, pencernaan akan menjadi buruk sehingga anda bisa saja mengalami diare dan perut kembung yang parah.

5. Makanan berlemak

Jika perut anda terasa diare ataupun sembelit, sebaiknya hindarilah makanan-makanan yang mengandung lemak seperti makanan yang bersantan, mentega, gorengan dan daging-dagingan.

6. Kopi

Selain mengandung kafein yang dapat membuat ketagihan peminumnya, ternyata kopi juga dapat menyebabkan perut kembung dan diare. Sebaiknya selama berpuasa hindarilah untuk minum kopi, anda bisa menggantinya dengan teh hangat.

7. Terlalu manis dan asin

Terlalu lama perut kosong membuat perut agak sulit untuk dinetralisir. Sebaiknya anda menghindari makan dan minum dengan rasa yang terlalu manis ataupun terlalu asin, karena anda membutuhkan makanan yang agak hambar untuk menetralisir keadaan perut anda.

Demikianlah informasi tentang 7 Makanan Yang Harus Anda Hindari Agar Perut Tak Bermasalah Selama Berpuasa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef