4 Penyakit Yang Ditularkan Melalui Tikus

Penyakit Yang Ditularkan Melalui Tikus - Keberadaan tikus di rumah memang sangat mengganggu keluarga, selain itu jenis hewan pengerat ini juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang manusia yang disebabkan oleh hewan pengerat ini.

Agar kita bisa terhindar dari berbagai macam yang disebabkan oleh tikus ini maka kita harus bisa mencegahnya. Diantara caranya yaitu dengan menjaga kebersihan rumah, menyimpan makanan dalam wadah yang tertutup, serta jangan biarkan ada akses masuk ke rumah buat tikus.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa macam penyakit yang ditularkan melalui tikus. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang lebar langsung saja anda bisa simak beberapa keterangan singkat dari kami ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut 4 Penyakit yang ditularkan melalui tikus.

4 Penyakit Yang Ditularkan Melalui Tikus
Penyakit Yang Ditularkan Melalui Tikus

1. Rat Bite Fever

Penyakit ini disebabkan oleh gigitan tikus yang mengenai tubuh secara langsung, selain itu penyakit jenis ini juga bisa sebabkan oleh faktor makanan dan minuman yang sudah tergigit oleh tikus, sehingga bisa menyebabkan virus yang menjadikan penyakit Rat Bite Fever ini.

2. Leptospirosis

Peenyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira sp, leptospirosis bisa terjadi di seluruh dunia, baik itu di daerah pedesaan ataupun di perkotaan, di daerah subtropis maupun daerah tropis. Orang yang pekerjaannya di luar ruangan bersama hewan lebih beresiko terkena penyakit jenis ini. Umumnya penyakit ini terjadi disaat musim penghujan. Air kencing hewan yang terkontaminasi merupakan faktor utama yang menjadi penyebab penularannya, sejauh ini tikus yang menjadi sumber utama penyakit jenis ini.

3. Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hantavirus Pulmonary Syndrome yaitu sejenis penyakit gangguan pernapasan yang bisa menular, hal ini ditandai oleh gejala seperti flu yang bisa berkembang dengan cepat serta bisa berpotensi mengancam jiwa. Virus jenis ini dibawa oleh hewan pengerat semacam tikus. Seseorang bisa saja terinfeksi jenis virus ini karena menghirup udara yang terkontaminasi dengan hantavirus, yang mengandung kotoran serta urin tikus.

4. Murine Typhus

Murine Typus atau yang biasa dikenal dengan penyakit tifus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh kelompok bakteri dari golongan ricketsia, bakteri jenis ini bisa ditemukan pada binatang maupun serangga kecil kelompok arthropoda seperti kutu yang telah terinfeksi, selain itu bakteri ini juga kadang ditemui pada kotoran binatang yang telah terinfeksi. Tikus biasanya hewan utama yang menjadi penyebab penyakit jenis ini.

Demikianlah informasi tentang 4 Penyakit Yang Ditularkan Melalui Tikus. Jagalah kebersihan rumah anda agar rumah anda tidak menjadi sarang tikus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef