4 Cara Mudah Atasi Anak Yang Tidak Punya Teman Karena Minder

Cara Mudah Atasi Anak Yang Tidak Punya Teman Karena Minder - Rasa minder serta malu yang terjadi pada anak bisa membuat dirinya kurang percaya diri atau bahkan takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Jika hal tersebut tidak segera diatasi, maka rasa minder pada anak tersebut bisa mengganggu proses perkembangan anak.

Orang tua sebagai orang yang paling berperan penting terhadap perkembangan anak maka harus bisa segera mengatasi tentang permasalahan anak yang seperti ini agar tidak sampai terjadi dampak buruk pada diri anaknya.

Pada tulisan artikel kami kali ini akan dibahas tentang beberapa cara mudah atasi anak yang tidak mempunyai teman karena minder. Agar penjelasan ini tidak terlalu panjang lebar mungkin bisa langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bermanfaat. Berikut 4 Cara mudah atasi anak yang tidak punya teman karena minder.
4 Cara Mudah Atasi Anak Yang Tidak Punya Teman Karena Minder
Cara Mudah Atasi Anak Yang Tidak Punya Teman Karena Minder

1. Lakukan kegiatan berbagi

Buatlah semacam permainan yang sifatnya interaktif, seperti misalnya memberi tahu teman sebuah kata-kata dengan cara membisikkan, atau bisa juga mencari teman untuk berbagi kertas warna-warni.

2. Tunjukkan kedekatan

Selain orang tua, guru juga bisa berperan dalam membantu anak agar tidak minder untuk bergabung bersama teman-temannya. Caranya yaitu menunjukkan kalau ia merasa nyaman dekat dengan anak tersebut, kemudian ajak anak tersebut berbicara kepada teman-teman lainnya agar bisa bermain bersama.

3. Beri tanggung jawab

Beri anak kecil sebuah pelajaran kecil tentang bertanggung jawab, seperti misalnya jika hari Jum'at ada kotak amal berjalan di kelas, maka mintalah anak tersebut untuk mengumpulkan uangnya dari teman-teman kelasnya.

4. Buat kelompok bermain

Kumpulkanlah beberapa anak-anak, kemudian buatlah suatu kelompok bermain yang isi permainannya ada unsur saling bantu-membantu terhadap teman lainnya, agar terjadi hubungan sosialisasi terhadap teman-teman lainnya. Hal tersebut bisa memudahkan anak yang tadinya minder menjadi lebih percaya diri sehingga bisa mendapatkan teman.

Demikianlah 4 cara mudah atasi anak yang tidak punya teman karena minder. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef