5 Penyebab Anda Sulit Tidur

Penyebab anda sulit tidur - Setiap orang pasti butuh istirahat untuk memulihkan energi dan tenaganya setelah beraktivitas seharian. Bayangkan saja jika seandainya anda tidak pernah istirahat, pasti anda akan merasa lemas dan bahkan jatuh sakit.

Ada banyak macam bentuk istirahat yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah tidur. Tidur merupakam cara paling efektif dan ampuh untuk mengembalikan energi anda yang hilang. Lalu bagaimana kalau anda susah tidur dan bahkan tidak bisa tidur? Tentu energi anda akan habis dan lemas. Jika hal itu terjadi setiap hari, bukan hal yang mustahil jika anda terkena penyakit.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat anda lebih mudah tidur dan tidur nyenyak. Namun sebelum anda membahas cara mempermudah anda tidur, simak berikut ini lima penyebab anda sulit untuk tidur:

5 Penyebab Anda Sulit Tidur
Penyebab Anda Sulit Tidur

1. Gula darah

Gula darah yang tidak stabil dapat membuat anda kesulitan untuk tidur dan memejamkan mata. Karena gula yang tidak stabil akan memproduksi hormon kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan anda susah tidur. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung protein. Protein mampu membantu anda lebih cepat memejamkan mata. Karena protein dapat menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh anda.

2. Obat

Obat-obatan yang sering anda konsums bisa saja menjadi penyebab anda susah tidur. Karena sebagian macam obat ada yg mengandung kafein. Kandungan kafein itulah yang membuat mata anda menjadi tidak bersahabat. Diantara banyak macam obat yg dapat menyebabkan anda susah tidur antara lain kortikosteroid, statin, alpha, perawatan alegi, anti depresi, demensia, alzeimer, dan suplemen arthritis seperti glucosamine dan chodrotin.

3. Parasit

Parasit adalah salah satu makhluk kecil yang tinggal di usus dan aliran darah tubuh manusia. Makhluk inilah ya bisa membuat anda menjadi betah begadang semalaman setiap hari. Parasit ini biasanya aktif di malam hari pada jam 3 dan 4, sahingga anda akan terbangun dan susah tidur lagi.

4. Kepekaan terhadap makanam

Tahukah anda jika ternyata usus memiliki hubungan erat dengan otak? Jika anda mengkonsumsi makanan yang dapat mengganggu pencernaan anda, kemungkina juga otak anda akan mrasa tidak nyaman, dan anda menjadi susah tidur. Misalnya makanan yang mengandung gluten atau kafein. kedua kandungan tersebut dapat membuat anda menjadi susah untuk memejamkan mata anda. Kafein tidak hanya ada pada kopi, anda juga akan menemukan pada soda dan minuman berenergi.

5. Circadian rhytham disruption

Pernahkah anda mendengar bagian kecil pada otak yg disebut dengan kelejar phineal. Kelenjar ini memproduksi seratonin, yaitu hormon yang dapat mempengaruhi modulasi bangun dan tidur anda. Cicadian ini sendiri merupakan suatu gangguan alami tubuh yang mengatur siklus 24 jam antara bangun dan tidur anda dimalam maupun siang hari.
 
Demikianlah penyebab anda sulit tidur dimalam hari. Mungkin salah satu dari kelima penyebab tersebutlah yang menjadikan anda susah untuk tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef