4 Penyebab Hidung Mampet Selain Flu

Penyebab hidung mampet selain flu. Hidung mampet memang sangat mengganggu segala aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Baik itu aktivitas di tempat kerja, di rumah, di kampus, maupun di tempat lainnya. Setiap aktivitas yang kita jalani menjadi tidak maksimal dan tidak sesempurna sebelumnya. Hal ini karena hidung yang susah bernapas akibat mampet.

Hidung yang mampet paling umum disebabkan karena flu. Namun tahukah anda jika hidung yang mampet ternyata bukan hanya disebabkan karena flu? Ternyata ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa anda atau orang lain bisa terserang hidung mampet. Bisa saja karena kebiasaan anda sehari-hari yang kurang baik dan kurang sehat yang kemudian menyebabkan hidung anda mampet.

Penyebab lain dari hidung mampet sangatlah banyak. Jika anda sudah berkali-kali minum obat flu tapi hidung anda masih saja mapet, itu tandanya bukan disebabkan karena flu. Berikut ini empat penyebab lain hidung mampet selain flu:

4 Penyebab Hidung Mampet Selain Flu

1. Polip hidung

Hidung yang mampet bisa disebabkan karena poling. Poling sendiri adalah pertumbuhan non-kanker yang terjadi pada hidung atau sinus yang tidak berbahaya. Namun, meskipun tidak berbahaya, polip dapat menghalangi udara untuk masuk dan keluar hidung. Sebab itu hidung anda menjadi mampet. Polip ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki alergi, asma, dan lain sebagainya.

2. Tiroid tak bekerja efektif

Tiroid atau hormon tiroid, jika tidak bekerja secara efektif akan membuat hidung menjadi mampet. Gejala ini disebut dengan hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi dimana tubuh tidak menghasilkan hormon tiroid. Sebab itu hidung tidak bisa menghirup dan mengeluarkan udara dengan lancar. Hal ini akan menyebabkan kelelahan, rambut menipis, merasa dingin, sembelit, dan lain sebagainya.

3. Kondisi hamil

Kehamilan pada seorang wanita dapat menyebabkan banyak perubahan pada tubuhnya. Salah satunya adalah pergeseran hormonal yang besar disertai oleh banyaknya peredaran darah dalam tubuh. Pembengkakan ini juga bisa terjadi didalam saluran hidung. Jika ini terjadi, maka pernapasan sang ibu menjadi sulit.

4. Infeksi sinus

Hidung yang mampet dapat disebabkan karena flu, pilek, demam. Jika anda mengalami flu pilek demam yang tak kunjung sembuh, dan ternyata bisa sembuh setelah satu hingga dua minggu, anda harus segera memeriksakan ke dokter. Karena kemungkinan anda terinveksi bakteri sinus. Gejala ini akan memunculka demam lama dan juga rasa sakit pada bagian sinus anda.

Demikianlah 4 penyebab hidung mampet selain flu. Hidung mampet tak selamanya karena flu, bisa juga disebabkan masalah lain. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef