3 Dosa Besar Yang Sering Dilakukan Orang Tanpa Sadar

Dosa besar yang sering dilakukan tanpa sadar- Dosa adalah suatu tindakan yang melanggar aturan agama yang sudah ditetapkan oleh Allah. Dalam Islam semuanya sudah diatur dan ditetapkan melalu hukum-hukum syariat, jadi semua wajib dipatuhi dari apa-apa yang telah diperintahkannya dan ditinggalkan dari segala macam yang dilarangnya.

Dalam Al qur'an telah menyebutkan bahwa Allah bisa mengampuni semua dosa-dosa kecuali syirik. Caranya yaitu dengan taubat nashuha dengan taubat sebenar-benarnya untuk berusaha tidak mengulanginya lagi dari perbuatan dosa tersebut. Namun apabila dosa yang berkaitan dengan manusia seperti misalnya berbuat dholim kepada orang lain maka selain bertaubat kepada Allah juga harus meminta maaf langsung kepada yang bersangkutan yang telah didholimi.

Sebagai seorang muslim kita harus senantiasa menjauhi hal-hal yang telah dilarang Allah dan Rasul_Nya, menjauhi akhlaq-akhlaq yang tercela dan hal-hal yang bisa menimbulkan fitnah. Pada kesempatan kali ini kami akan mengupas sedikit tentang beberapa dosa yang mungkin sering dilakukan orang tanpa sadar, atau mungkin memang tau akan dosanya tapi terkadang menyepelekannya, padahal perbuatan-perbuatan tersebut termasuk dalam kategori dosa besar. Berikut 3 Dosa besar yang sering dilakukan orang tanpa sadar.
3 Dosa Besar Yang Sering Dilakukan Orang Tanpa Sadar
Dosa besar yang sering dilakukan

1. Riya' ( Pamer )

Salah satu dosa besar yang sering dilakukan orang tanpa sadar yaitu riya', Orang yang berbuat riya' termasuk orang-orang yang merugi dan celaka seperti yang telah disebutkan dalam firman Allah surat Al-Ma'un 4-6 yang artinya : " Maka kecelakaan bagi orang yang shalat ( yaitu ) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya' ".

Riya' mempunyai arti yaitu pamer, sedangkan menurut pengertian istilahnya adalah melakukan suatu amalan ibadah dengan niat agar supaya dilihat oleh orang lain dan dipuji-puji kalau dia seorang dermawan, ciri-ciri orang yang berbuat riya' biasanya sering menyebut-nyebut pemberiannya kepada orang lain.

Orang yang melakukan suatu amalan ibadah, seperti contohnya shalat, tadarus al qur'an atau ibadah lainnya tetapi dengan tujuan supaya mendapatkan pujian kalau dirinya orang yang ahli beribadah maka orang tersebut termasuk kategori orang yang berbuat riya'.

Riya' termasuk salah satu penyakit hati yang berbahaya karena dengan berbuat riya' orang tersebut bisa terhapus amal-amal kebajikannya. Makanya perbuatan riya' itu sangat merugikan jadi wajib kita jauhi agar kita tidak termasuk golongan orang yang merugi di akhirat nantinya.

2. Riba

Diantara dosa besar lagi yaitu riba, riba menurut bahasa berarti tambahan, sedangkan menurut istilahnya riba adalah penambahan harta atau suku bunga dalam transaksi tukar menukar barang secara batil. Hukum riba adalah haram dan termasuk salah satu dosa besar seperti yang telah dijelaskan Al qur'an dalam surat Al Baqoroh ayat 275 : "...Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba''.

Riba bisa berarti melebihkan jumlah pengembalian dari pinjaman dengan ditentukan ketika akad pinjam-meminjam uang, istilahnya yaitu pinjam-meminjam uang dengan sistem bunga yang biasanya dengan persntase tertentu sesuai dengan pinjaman pokoknya.

Pada masa sekarang ini banyak sekali jenis riba yang bisa kita jumpai, diantaranya yaitu :
1. Transaksi jual beli secara kredit
2. Transaksi perbankan
3. Transaksi asuransi

Banyak orang yang sudah mengetahui tentang mekanisme riba dan hukumnya, tapi kebanyakan dari mereka yang masih berkecimpung dengan riba selalu beralasan karena keadaan, karena terdesak dan lain sebagainya, jadi seolah-olah mereka menyepelekan tentang bahaya riba.

3. Menyakiti tetangga

Salah satu orang terdekat kita yaitu tetangga. Islam sangat menganjurkan kita untuk selalu berbuat baik kepada orang lain termasuk tertangga. Untuk itu kita harus selalu bisa menjaga perilaku kita terhadap tetangga, jangan sampai kita menyakitinya.

Mungkin tanpa kita sadari kita pernah menyakiti tetangga, tapi mulai sekarang kita harus bisa merubah sifat tersebut dengan suatu pergaulan yang baik, karena tetangga adalah termasuk orang terdekat kita yang bisa diajak saling tolong-menolong.

Menyakiti tetangga adalah termasuk dari dosa besar, karena Nabi Muhammad sendiri juga pernah bersabda,'' Tidak akan masuk syurga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya''. Nabi sendiri juga selalu memerintahkan kepada umatnya agar selalu berbuat baik kepada tetangga dengan pergaulan yang baik. 

Demikianlah 3 dosa besar yang sering dilakukan tanpa sadar. Dosa-dosa besar tersebut seperti sudah dianggap biasa dan bukanlah hal yang menakutkan. Semoga dengan adanya informasi ini kita akan menjadi orang yang lebih berhati-hati agar tak bergelimang dosa. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef