8 Bahaya Akibat Tidur Tak Nyenyak

Bahaya akibat tidur tak nyenyak. Tidur adalah salah satu cara untuk mengobati rasa lelah, capek, dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat. Tidur dapat membersihkan racun dalam tubuh. Sebab itulah tidur menjadi salah satu hal yang penting untuk kita lakukan setiap hari.

Bagaimana jika seseorang tidak pernah tidur atau tidak bisa tidur, atau tidurnya tidak nyenyak? Tentu orang tersebut akan merasakan sesuatu yang berbeda dari dirinya, yaitu efek buruk yang akan dirasakannya. Ya, karena jika seseorang seharian tidak tidur atau tidak bisa tidur, badannya akan terasa tidak nyaman.

Sebenarnya dampak atau akibat dari tidur tidak nyenyak sangatlah banyak. Dan yang pastinya akan berdampak pada tubuh diri sendiri, baik berdampak pada jiwa maupun raga. Berikut ini delapan bahaya akibat tidur tidak nyenyak:

8 Bahaya Akibat Tidur Tak Nyenyak

1. Menurunnya memori

Pernahkah anda merasakan jika otak anda sedikit menurun kemampuannya disaat anda kurang tidur? Ya, itu memang benar, tidur tidak nyenyak atau kurang tidur dapat membuat kemampuan otak anda dalam menyerap masukan informasi dari luar menjadi berkurang. Hal ini disebabkan karena ketika tidur, otak dan mengalami regenerasi. Jika kurang tidur, otak tidak akan melakukan dengan sempurna.

2. Mudah cemas

Tidur merupakan salah satu obat alami untuk menghilangkan stres dan cemas. Jika anda kurang tidur, maka produksi hormon kortisol pada tubuh anda akan menjadi berlebihan, sehingga kemungkinan besar anda akan menjadi mudah stres dan cemas.

3. Diabetes

Mungkin hal ini tidak anda rasakan. Ketika anda kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak, maka anda secara tidak sadar akan menyukai makanan yang manis. Karena makanan manis dapat mengobati rasa lelah. Ketika anda terbiasa makan makanan manis berlebihan dan terus-menerus, kemungkinan besar diabetes akan menyerang anda.

4. Serangan jantung dan stroke

Disaat anda tidur, racun akan dikeluarkan dari tubuh. Tubuh yang lelah menjadi kuat kembali. Untuk itu biasakan minum air putih setelah bangun tidur. Jika tidur anda tidak nyenyak, proses tersebut tidak akan berjalan sempurna, yang akhirnya akan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

5. Naiknya berat badan

Ketika anda kurang tidur, keinginan untuk makan akan semakin bertambah, nafsu makan anda akan semakin bertambah. Alhasil, berat badan anda akan semakin bertambah juga, jika itu berlangsung terus menerus, mungkin anda akan mengalami obesitas.

6. Osteoporosis

Batas normal tidur setiap hari adalah antara 8-9 jam. Jika anda kurang dari jam normal yang ditentukan, secara tidak sengaja kepadatan tulang anda akan menurun secara drastis. Jika hal ini berterusan akan menyebabkan tulang anda lemah dan bahkan kropos. Osteoporosis pun akan menyeranga anda.

7. Kanker

Tidur tidak nyenyak secara berterusan akan membuat anda terkena kanker, dan resiko itu lebih besar daripada yang memiliki tidur nyenyak. Karena tidur nyenyak mampu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Jika tidur tidak nyenyak, hal itu tidak akan berfungsi sempurna. Akhirnya tubuh anda beresiko kanker lebih besar.

8. Inkotinensia urin

Kurang tidur juga akan menyebabkan anda sering merasa ingin buang air namun anda kesulitan melakukannya atau bahkan tidak bisa anda lakukan. Itulah mengapa anda harus tidur dalam durasi waktu yang ditentukan yaitu 8-9 jam.

Demikianlah 8 bahaya akibat tidur tidak nyenyak. Idealnya manusia tidur 8 jam setiap hari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef