9 Penyakit yang Mengancam Pekerja Kantoran

Penyakit yang mengancam pekerja kantoran. Penyakit akan datang kapan saja dan dimana saja ketika orang itu merasa lengah dalam penjagaan tubuhnya. Penyakit bukan hanya menghampiri pada orang yang malas-malasan bekerja, tapi orang yang bekerja di kantoran ternyata juga bisa terserang penyakit, dan penyakit itu termasuk penyakit yang tergolong berbahaya.

Anda yang bekerja lebih dari delapan atau sembilan jam dalam sehari, harus berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan tubuh. Bekerja lebih dari sembilan jam bisa menyebabkan tubuh anda merasa kelelahan, dan hal itu dapat mempengaruhi kerja organ tubuh anda. Organ tubuh akan terganggu dan tidak bisa bekerja maksimal. Anda pun akan mengalami lelah mental dan juga mudah terkena stres, yang akhirnya menurunkan sistem kekebalan tubuh anda.

Akhirnya anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit, bukan hanya pilek dan demam belaka, melainkan juga penyakit lainnya yang tergolong berbahaya. Berikut ini beberapa penyakit yang akan mengancam pekerja kantoran:

9 Penyakit yang Mengancam Pekerja Kantoran

1. Gangguan jatung

Anda sering lembur? Dan bekerja lebih dari waktu standar yang ditetapkan? Anda harus berhati-hati, karena penyakit jantung mungkin akan menyerang anda. Jika lengah dalam perawatan dan penjagaan tubuh, penyakit jantung bisa merenggut nyawa anda secara tiba-tiba.

2. Obesitas

Jika anda bekerja dikantoran dan seharian duduk. Cobalah menyempatkan waktu untuk berjalan dan bergerak. Jika anda jarang bergerak dan sulit mengontrol pola makan di kantor, resiko anda terkena obesitas akan lebih tinggi. Apalagi jika anda sering lembur, akan lebih berbahaya jika anda tidak bisa mengatur pola hidup dan pola makan dengan baik.

3. Mag

Ketika anda sibuk dengan pekerjaan anda, anda mungkin akan cenderung meninggalkan waktu makan anda dan menundanya hingga beberapa jam. Jika anda sering melakukan hal itu, akan berbahaya bagi anda karena akan resiko besar terserang mag akan terjadi pada anda. Jika mag itu dibiarkan akan berakibat fatal bagi penderitanya.

4. Diabetes

Jika anda memiliki penyakit diabetes, entah itu dari keturunan atau karena penyebab lainnya. Penyakit itu akan bertambah parah jika anda jarang berolahraga dan sering ngemil saat bekerja. Jarang berolahraga, yang ada hanya makan minum menghadap komputer. Makanan yang mengandung karbohidrat yang anda konsumsi saat kerja akan memenuhi kadar gula dalam tubuh anda, Jika anda kurang istirahat akan beresiko buruk pada diabetes anda.

5. Batu ginjal

Perbanyaklah minum ketika anda bekerja, apalagi diruangan yang berAC. Dan jug anda jangan menahan buang air kecil ketika kebelet. Bergerak dan berjalan-jalan sebentar pun jangan anda lupakan. Jika anda tidak melakukan semua itu, kemungkinan besar anda akan terserang batu ginjal. Anda yang sudah terkena gejala batu ginjal akan merasa nyeri yang hebat saat buang air kecil.

6. Tifus

Tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut datang pada makanan dan minuman yang tidak terjaga kebersihannya. Orang yang bekerja dikantoran biasanya cenderung tidak memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Akhirnya akan sangat mudah terkena penyakit tifus.

7. Insomnia

Anda yang sering bekerja lembur akan kemungkinan besar terkena insomnia. Hal ini terjadi akibat anda yang selalu memaksakan mata anda agar tetap bertahan untuk menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan saat itu juga. Belum juga anda akan mengkonsumsi kopi dan bahkan dengan rokok untuk membuat mata anda tetap melek. Jika anda terlalu sering melakukan hal seperti itu, resiko insomnia akan semakin tinggi.

8. Spondilitis

Penyakit sejenis punggung nonspesifik ini jauh lebih serius dibandingkan dengan penyakit punggung biasanya. Anda yang bekerja didepan komputer hingga berjam-jam tanpa istirahat cukup, anda akan mendapatkan peluang besar menderita penyakit ini. Jika tulang anda terlalu lama mendapatkan tekanan, lama-kelamaan akan membengkak dan beresiko besar menderita penyakit ini.

9. Wasir

Penyakit wasir akan datang pada orang yang terlalu banyak duduk atau berdiri. Kurang minum dan kurang mengkonsumsi serat, dan mengangkat beban terlalu berat akan menyebabkan anda terkena penyakit wasir. Tanda dari penyakit wasir adalah terdapatnya benjolan di sekitar anus dan akan mengeluarkan darah ketika buang air besar. 

Demikianlah 9 penyakit yang mengancam pekerja kantoran. Sebagai pekerja kantoran anda harus berhati-hati dan harus anda imbangi dengan pola hidup sehat dan olah raga agar tubuh tetap fit terbebas dari penyakit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef