5 Manfaat Mengejutkan Garam Dapur

Garam dapur adalah bumbu dapur sejenis mineral yang dapat menciptakan rasa asin pada suatu masakan atau makanan. Garam dapur yang biasanya dihasilkan oleh air laut yaitu natrium klorida (NaCl). Garam ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun juga akan menyebabkan berbagai macam penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan.

Garam dapur, sesuai dengan namanya, biasanya garam dapur ini digunakan sebagai bumbu campuran pada setiap makanan dapur dan makanan lainnya agar bisa terselipkan rasa asin pada masakan. Memang umumnya garam dapur hanya digunakan sebagai campuran bumbu masakan. Namun, garam sebenarnya memiliki manfaat lain yang mungkin anda sendiri belum mengetahuinya.

Manfaat garam dapur yang tidak tergua ini sangat berguna bagi keseharian kita. Bukan hanya untuk masakan, tapi juga bisa digunakan untuk menyemuhkan penyakit, menghilangkan bau, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat garam dapur yang mengejutkan:

5 Manfaat Mengejutkan Garam Dapur

1. Singkirkan bau amis

Garam dapur ternyata bisa menghilangkan bau amis. Misalnya pada tangan anda yang baru saja masak atau makan ikan. Bau amis pada tangan anda bisa anda hilangkan dengan menggunakan garam dapur ini. Caranya anda hanya mencuci tangan anda, setelah itu ambil garam dapur satu sendok dan usap-usapkan pada tangan anda yang bau amis. Setelah itu bilas lagi dengan air bersih. Dengan sekejap bau amis pada tangana nda akan menghilang.

2. Hilangkan noda kopi di cangkir

Setelah anda minum kopi, tentu cangkir anda akan terkena noda kopi yang mungkin sulit untuk dihilangkan. Apalagi kopi hitam, pasti akan lebih sulit jika hanya dengan menggunakan air. Anda bisa membersihkannya menggunakan garam dapur. Caranya, campurkan satu sendok garam dapur dengan cuka. Gunaka untuk membersihkan pada cangkir. Diamkan sebentar lalu gosok menggunakan sikat.

3. Mengatasi gigitan serangga

Anda pernah tergigit serangga lalu lalu terasa gatal serta pedih? Jangan biarkan rasa gatal itu terus digaruk. Ada cara yang mudah yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gigiran serangga, yaitu menggunakan garam dapur. Caranya, gunakan kain bekas yang masih bersih, lalu basahi menggunakan air. Taburkan garam pada bekas gigitan serangga. Lalu tutupi menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air. Diamkan hingga benar-benar merasa lebih baik.

4. Menghilangkan bau di sepatu

Sepatu yang sering digunakan tentunya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Memang sangat mengganggu aktivitas. Namuna anda bisa menghilangkan bau tidak sedap itu dengan menggunakan garam dapur. Caranya, taburkan sejumput garam dapur didalam sepatu anda pada malam hari. Diamkan semalaman, lalu keluarkan garam itu dari sepatu. Anda akan mendapatkan sepatu yang tak lagi tercium bau tidak sedap.

5. Hilangkan busa berlebih

Ketika anda mencuci dan kelebihan menuangkan deterjen sehingga tercipta busa yang menggunung, mungkin anda akan merasa kerepotan. Daripada anda repot-repot, anda bisa menghilangkan busa itu hanya dengan menaburkan gara dapur pada busa. Seketika busa akan mengerut dan menghilang. 

Demikianlah 5 manfaat mengejutkan garam dapur. Garam dapur ternyata memiliki banyak manfaat selain untuk bumbu dapur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef